Sebentar Lagi Idul Adha, Ini Resep Tongseng Sapi Spesial Idul Adha 2024, Empuk dan Gurih

Sabtu 08-06-2024,21:44 WIB
Reporter : Novan Alqadri
Editor : ahmad afandi

7. Tongseng sapi siap disajikan

Mudah diikuti dan enak bukan? Tak perlu risau saat hari raya tiba karena resep tongseng sapi ini dijamin bikin hari raya semakin istimewa. 

Cara Mengonsumsi Daging Tanpa Takut Kolesterol

1. Hindari Penggunaan Santan Kental

Mengasup daging yang dicampur dengan santan kental memang amat menggoda, seperti rendang atau gulai. Namun, bagi kamu yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi dan kolesterol maka ada baiknya untuk membatasi asupan makanan ini. Alternatifnya, kamu bisa kok mengolah daging dengan membuat semur atau sop.

Contoh lainnya, bila kamu ingin memasak tongseng, janganlah menambah santan kental ke dalamnya. Sebagai gantinya, kamu bisa mencampurkan santan encer ke dalam masakan tersebut untuk menambah rasa gurih.

BACA JUGA:Alasan Kenapa Dianjurkan Tidak Makan Sebelum Shalat Idul Adha dan Amalan- amalan Sunnah di Idul Adha

2. Kombinasikan dengan Sayuran

Cobalah kombinasikan sayuran ke dalam olahan daging. Kata ahli, sayuran yang dipadukan dengan daging merah bisa membantu mengurangi senyawa berbahaya saat proses pencernaan. Contohnya, kamu bisa kok mencampurkan sayuran, seperti kol, tomat, bayam, atau sayuran hijau lainnya ke dalam olahan daging. Cara ini dinilai baik untuk mengurangi kadar kolesterol.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan rempah-rempah dan bumbu lainnya. Pasalnya, beberapa rempah ternyata juga bisa membantu untuk menurunkan kolesterol. Misalnya, bawang putih yang bisa menurunkan LDL dan trigliserida hingga 20 miligrams/deciliter.

3. Daging Tanpa Lemak

Lemak jenuh seperti yang terkandung dalam daging sapi merupakan lemak yang perlu dibatasi. Oleh sebab itu, bila ingin mengonsumsi daging sapi, pilihlah bagian tenderloin atau daging has tanpa lemak yang cepat empuk. Sebenarnya, ada kok beberapa daging selain daging sapi yang bisa kamu coba. Contohnya, daging ayam tanpa lemak dan kulit, daging kambing tanpa lemak, daging kelinci, ataupun daging ikan. Tapi yang perlu diingat, batasilah konsumsi daging ini, tidak lebih dari 180 gram sehari.

BACA JUGA:Kapan Idul Adha di Arab Saudi 2024? Berikut Informasinya serta Informasi Idul Adha di Indonesia

Cara mengolahnya pun mesti diperhatikan. Selain digoreng, kamu juga bisa kok mengolahnya dengan cara dipanggang, bakar, kukus, atau tumis dengan sedikit lemak. Akan lebih baik lagi bila menggunakan panci berlapis bahan anti-lengket. Di samping itu, kamu juga bisa menggunakan sedikit minyak sayur sebagai pengganti mentega atau masak masakan dengan kaldu ataupun jus buah dan sayuran.

4. Teh Hijau

Teh ini enggak hanya bisa membantu menurunkan berat badan dan membuat pikiran jadi lebih rileks saja. Teh hijau mengandung flavonoid yang disebut katekin. Kata ahli, zat ini sebenarnya enggak benar-benar memengaruhi kerja enzim yang memecah lemak. Namun, katekin bisa mengurangi penyerapan kolesterol dan meningkatkan kemampuan pembuangan kolesterol lewat feses.

Kategori :