Ramai Dikritik Warganet, Apa Itu Forum Indosarang dan Kenapa Dianggap Rasis?

Kamis 13-06-2024,13:26 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Widiyarti

"Aku jujur agak ikut emosi melihat situasi ini," kata Hansol dalam video di kanal YouTube Korea Reomit yang diunggah pada Selasa, 11 Juni 2024. "Aku ikut malu dan merasa sungguh minta maaf, benar-benar ingin minta maaf kepada seluruh teman-teman Indonesia yang pernah melihat postingan itu."

Kekesalan Jang Hansol terhadap Forum Indosarang

Pengungkapan tindakan rasisme di forum Indosarang sudah viral sejak beberapa hari lalu di media sosial. Hansol baru buka suara karena awalnya dia tidak ingin memberikan panggung kepada mereka yang telah menghina orang Indonesia.

Hansol sendiri baru mengetahui Indosarang setelah viral. Dia kemudian mencari informasi tentang Indosarang dari kenalannya yang tinggal di Indonesia.

Dari informasi yang didapat, forum Indosarang itu memang sering digunakan untuk mengejek, termasuk dirinya juga pernah menjadi korban.

"Ini memang isinya sampah-sampah yang kumpul di situ, memposting sampah, menjelekkan orang lain dan dengan menjelekkan orang lain mungkin mereka merasa kayak 'oh aku lebih dari dari orang-orang itu'," kata Hansol.

BACA JUGA:Kajati Bengkulu Lantik Wakajati, Asisten hingga Kajari, Ini Pesannya

Para pengguna Indosarang bisa membuat akun anonim sehingga tidak diketahui identitasnya. "Aku yakin mereka sendiri bakal malu kalau ketahuan pakai Indosarang," kata Hansol.

Dia memastikan bahwa tindakan rasisme di forum Indosarang tidak mewakili orang-orang Korea yang tinggal di Indonesia.

Tetapi Hansol juga mengerti kemarahan masyarakat Indonesia terhadap hal tersebut. Meski bukan Warga Negara Indonesia (WNI), Hansol yang tumbuh besar di Indonesia juga ikut kesal Indonesia direndahkan seperti itu.

"Aku sangat enggak suka kalau Indonesia direndahkan," katanya.

BACA JUGA:Ini 4 Rekomendasi Mobil SUV Murah di Tahun 2024 Harga di Bawah Rp 100 Jutaan

Jang Hansol Minta Pelaku Ditangkap di Indonesia

Dari kejadian ini, Hansol berharap Kedutaan Besar Republik Korea di Indonesia dan polisi setempat bisa menangkap orang-orang yang menuliskan kalimat penghinaan dan rasisme terhadap orang Indonesia.

Hansol mengaku sudah menghubungi pihak Kedutaan Besar Korea, namun belum ada perkembangan lebih lanjut yang bisa dibagikan.

"Kalau misalnya ini orang bisa ditangkap di Indonesia dan menggunakan hukum Indonesia, please buka identitasnya. Kalau misal dikirim ke Korea, ini orang dihukum enggak bakal terbuka identitasnya," kata Hansol.

Kategori :