Dikenal dengan Sosok yang Kontroversial, Ini Latar Belakang Habib Bahar bin Smith

Sabtu 15-06-2024,17:31 WIB
Reporter : Sheila Silvina
Editor : Agus Faizar

Pada tahun 2009, Bahar bin Smith menikah dengan Fadlun Faisal Balghoits. Mereka dikaruniai empat anak yang diberi nama Maulana Malik Ibrahim bin Smith, Aliyah Zharah Hayat Smith, Ghaziyatul Gaza Smith, dan Muhammad Rizieq Ali bin Smith.

BACA JUGA:Bahar Smith Telpon Sayyid dan Ajak Duel di Pasar Kresek, Kapolresta Tanggerang dan TNI Turun Tangan

Karier dan Kontroversi

Pada 2007 Bahar bin Smith mendirikan Majelis Pembela Rasulullah dengan kantor pusat berada di Pondok Aren, Tangerang Selatan, Banten.

Para jemaahnya berasal dari berbagai daerah seperti Pondok Aren, Ciputat, Pesanggrahan dan sekitarnya. Selain itu, dia juga mendirikan Pondok Pesantren Tajul Alawiyyin yang terletak di Pabuaran, Kemang, Bogor.

Nama Bahar bin Smith sering kali dibicarakan karena berbagai aksi kontroversialnya. Dia dikenal dekat dengan pimpinan Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab, yang juga merupakan tokoh kontroversial di Indonesia. 

BACA JUGA:Peluncuran Maskot Pilkada 2024 Bengkulu Utara, KPU Hibur Warga dengan Penampilan Grup Band Bagindas

Berikut adalah beberapa kasus lain yang pernah melibatkan dirinya:

1. Penganiayaan Anak MHU dan CAJ (2018)

Pada tahun 2018 Habib Bahar bin Smith terlibat dalam kasus penganiayaan yang melibatkan dua anak, MHU (17) dan CAJ (18).

Ia dilaporkan ke Polres Bogor atas tuduhan melakukan kekerasan yang mengakibatkan luka berat pada kedua korban. 

Kasus ini berakhir di pengadilan, di mana Hakim Pengadilan Negeri Bandung pada 8 Juli 2019 menjatuhkan hukuman tiga tahun penjara dan denda Rp50 juta kepada Habib Bahar.

BACA JUGA:Denmark Tarik Produk Samyang, Ini Daftar 9 Varian Samyang Pedas di Indonesia

2. Kasus Penganiayaan Supir Taksi Online

Masih di tahun 2018, Habib Bahar kembali tersangkut kasus hukum terkait penganiayaan seorang supir taksi online di kediamannya di Perumahan Bukit Cimanggu, Kota Bogor. 

Insiden ini terjadi karena supir tersebut mengantar istri Habib Bahar terlalu malam. Dalam persidangan, Habib Bahar menyatakan bahwa penganiayaan tersebut terjadi karena istrinya mengaku digoda oleh supir tersebut. 

Kategori :