Dana bantuan PIP memiliki sejumlah tujuan untuk mendukung diberikan anak usia sekolah yang berasal dari keluarga tidak mampu untuk mendapatkan layanan pendidikan. Simak beberapa di antaranya:
1. Membantu anak-anak usia sekolah dari keluarga tidak mampu agar mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah, baik melalui jalur pendidikan formal (mulai SD/MI hingga anak Lulus SMA/SMK/MA) maupun pendidikan non formal (Paket A hingga Paket C serta kursus terstandar).
2. Mencegah peserta didik yang berasal dari keluarga kurang mampu terkena kemungkinan putus sekolah.
3. Menarik siswa putus sekolah untuk kembali melanjutkan pendidikannya.
4. Meringankan biaya pendidikan setiap peserta didik.
BACA JUGA:Hadiri Rapat Kerja dan RDP, BPIP Usulkan Tambahan Anggaran Rp 100 Miliar
Cara Cek Penerima PIP Kemendikbud Juni 2024
Untuk mengecek status penerimaan PIP bisa melalui website pip.kemdikbud.go.id.
• Buka situs pip.kemdikbud.go.id.
• Masukkan NIK dan NISN peserta didik.
• Lakukan verifikasi dengan kode keamanan.
• Klik "Cari Data" untuk mengetahui status.
• Selanjutnya bagi yang berminat untuk bergabung bisa mendaftar secara online.
• Siapkan dokumen seperti KK, Akta Kelahiran, KKS/SKTM, rapor, dan surat pemberitahuan penerima BSM.
• Daftar di lembaga pendidikan terdekat.
• Sekolah akan mencatat data dan mendaftarkan siswa di Dapodik.