Selain Enak, Ini 7 Manfaat Konsumsi Belut untuk Kesehatan Tubuh, Berani Mencoba?

Kamis 20-06-2024,12:50 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

Normalnya, sel darah merah berukuran kecil dan bulat. Bila kekurangan vitamin B12, sel darah merah akan menjadi lebih besar dan berbentuk oval. Akibatnya, eritrosit pun tidak dapat membawa oksigen menuju organ yang membutuhkannya.

Hal ini yang memicu gejala anemia, berupa rasa lelah dan lemah. Itu sebabnya, memenuhi kebutuhan vitamin B12, termasuk dengan makan belut, dalam tubuh penting guna mencegah anemia terjadi pada Anda.

BACA JUGA:Tiba di Masjidil Haram, 171 Jemaah Haji Asal Seluma Laksanakan Tawaf Ifadah

3. Manfaat belut untuk turunkan risiko stroke

Beberapa dari Anda mungkin tidak tahu bahwa kandungan kalium (potasium) dalam belut memiliki khasiat terhadap penurunan risiko stroke.

Dilansir dari Harvard Health, terdapat sebuah penelitian dalam jurnal stroke yang membuktikan bahwa konsumsi makanan berkalium tinggi bisa menurunkan risiko stroke.

BACA JUGA:Inovasi Sistem Tilang Terobosan Baru Polri, ETLE Akan Dilengkapi Teknologi Pengenalan Wajah

Para ahli dalam penelitian ini melibatkan sekitar 90.000 wanita pasca-menopause berusia 50 – 70 tahun. Penelitian yang berlangsung selama 11 tahun ini meminta beberapa peserta untuk menambahkan kalium dalam menu makanannya.

Hasilnya, wanita yang mengonsumsi lebih banyak potasium mengalami penurunan risiko sebesar 16 persen terhadap stroke iskemik. Hal tersebut dibandingkan dengan wanita yang lebih sedikit mengonsumsi makanan berkalium.

Kondisi ini mungkin terjadi karena makanan berkalium tinggi, seperti belut, lebih mungkin menurunkan tekanan darah yang dapat memicu stroke iskemik. Namun, berapa banyak asupan kalium tidak secara langsung menurunkan risiko stroke.

BACA JUGA:Kronologi Mobil Porsche Tabrak Truk, Sempat Terseret Sejauh 150 Meter hingga Tewas

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Sistem imun merupakan bagian penting dari pertahan tubuh dalam melawan infeksi. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan sistem imun dan salah satunya yaitu memenuhi kebutuhan nutrisi, seperti mengonsumsi belut.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, belut memiliki kandungan gizi yang tinggi dan menjadi sumber protein hewani yang baik bagi kesehatan.

BACA JUGA:Dana Desa Kabupaten Pulang Pisau 2024, Cek Rincian Per Desa di Sini

Salah satu kandungan gizi belut yang memberikan manfaat bagi kekebalan tubuh adalah zinc. Zinc atau seng yaitu senyawa yang berperan penting dalam menjaga sel kekebalan. Kekurangan zinc dapat memicu penurunan respons sistem imun.

Kategori :