Selain Enak, Ini 7 Manfaat Konsumsi Belut untuk Kesehatan Tubuh, Berani Mencoba?

Kamis 20-06-2024,12:50 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

Menurut penelitian dari The Royal Society of Medicine, sekitar 80 – 92 mg seng per hari dapat meringankan gejala flu hingga 33 persen. Bahkan, suplemen seng juga membantu meningkatkan respons imun pada lansia.

Ada banyak manfaat yang ditawarkan belut untuk kesehatan tubuh Anda, tetapi darah belut tidak disaranakan untuk dikonsumsi. Hal ini dikarenakan darah belut mengandung merkuri, yaitu senyawa yang beracun bagi tubuh manusia.

BACA JUGA:Dana Desa Kabupaten Seruyan 2024, Segini Rincian Anggaran untuk 97 Desa

5. Membantu meningkatkan konsentrasi

Pernahkah Anda saat bekerja kurang berkonsentrasi atau sulit berpikir untuk mencari solusi di tengah masalah yang dihadapi? Bila iya, Anda mungkin kekurangan zat besi.

Kekurangan zat besi sering memicu gangguan kognitif, seperti mengurangi daya konsentrasi, perhatian, dan fungsi kognitif. Pasalnya, penurunan kadar zat besi dapat memengaruhi konsentrasi dan tingkat perhatian Anda.

Itu sebabnya, Anda perlu memenuhi kebutuhan zat besi dalam tubuh demi meningkatkan konsentrasi. Untungnya, kandungan zat besi dalam belut menawarkan manfaat yang Anda butuhkan.

BACA JUGA:Inovasi Sistem Tilang Terobosan Baru Polri, ETLE Akan Dilengkapi Teknologi Pengenalan Wajah

6. Meningkatkan kesehatan kulit

Selain tulang, manfaat belut lainnya yaitu meningkatkan kesehatan kulit berkat vitamin E di dalamnya. Sudah lebih dari 50 tahun vitamin E digunakan dalam dunia dermatologi.

Vitamin E merupakan antioksidan penting yang banyak dijumpai dalam produk kosmetik. Pasalnya, vitamin ini memberikan efek perlindungan terhadap kulit dari paparan sinar UV. Selain itu ada beberapa manfaat vitamin E lainnya untuk kesehatan kulit, yaitu:

- mencegah peradangan akibat paparan sinar matahari,

- membantu melembapkan kulit, serta

- membantu memperlambat proses penuaan kulit.

Walaupun khasiat vitamin E baik untuk kulit, belum ada penelitian yang membuktikan, apakah konsumsi belut juga memiliki efek yang sama. Hal ini dikarenakan manfaat dari vitamin ini diperoleh dalam bentuk suplemen atau krim.

Meski begitu, tidak ada salahnya untuk mencoba belut dan makanan sumber vitamin E lainnya yang baik untuk kesehatan kulit.

Kategori :