Begini Cara Praktis Menghitung Dana Darurat, Agar Terhindari dari Utang

Kamis 20-06-2024,17:57 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Agus Faizar

Manfaat Dana Darurat

Selain tiga alasan di atas, ada juga beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari dana darurat. Mari kita lihat manfaatnya di bawah ini:

1. Keamanan Finansial

Dana darurat memberikan perlindungan finansial saat terjadi keadaan darurat, seperti kehilangan pekerjaan, kecelakaan, atau penyakit yang memerlukan pengeluaran besar. Singkatnya, dana darurat memberikan rasa aman dan mengurangi stres finansial.

BACA JUGA:Ini Jenis Pinjaman tanpa Agunan BRI, Minimal Usia 21 Tahun Bisa Ajukan Pinjaman

2. Menghadapi Krisis

Situasi tak terduga, seperti bencana alam atau krisis kesehatan, sering kali memerlukan dana tambahan. Dana darurat akan memampukan untuk bertahan dalam situasi seperti ini tanpa mengorbankan kebutuhan dasar.

BACA JUGA:Butuh Dana Darurat tapi Bingung Mau Gadai Apa? Ini Daftar 8 Pinjaman Rp 25 Juta tanpa Jaminan

3. Mengurangi Stres

Kehadiran dana darurat bisa mengurangi tingkat stres yang terkait dengan keuangan. Sahabat Camkoha tahu bahwa memiliki pengaman yang dapat diandalkan saat diperlukan karena memiliki dana darurat.

BACA JUGA:Jangan Salah Pilih, Ini Daftar 100 Pinjol Legal Terbaru Juni 2024 Izin OJK Ketika Butuh Uang Segera

4. Pertumbuhan Investasi yang Lebih Baik

Kehadiran dana darurat memungkinkan untuk tetap berinvestasi bahkan saat situasi darurat muncul. Sahabat Camkoha tidak perlu menjual aset investasi yang dimiliki ketika menghadapi momen yang tidak menguntungkan.

BACA JUGA:5 Risiko tidak Bayar Pinjol Ilegal, Nomor 3 Sering Buat Orang Bundir

5. Perencanaan Masa Depan yang Lebih Baik

Dana darurat adalah langkah pertama dalam perencanaan keuangan yang sukses. Dengan memiliki dana darurat, maka dapat lebih mudah merencanakan untuk tujuan jangka panjang seperti pendidikan anak-anak atau pensiun.

Kategori :