Viral Prediksi Kiamat Peramal India 29 Juni, Gagal! Ini Profilnya serta Tanda-tanda Kiamat Menurut Islam

Senin 01-07-2024,13:08 WIB
Reporter : Sheila Silvina
Editor : Septi Fitriani

 

لا تَقُوْمُ السَّاعَة حَتى تَطْلُعَ الشَّمْسُ مِنْ مَغرِبهَا، فَإِذَا طَلَعَتْ وَرَآهَا النَّاسُ آمَنُوا أَجْمَعُوْنَ، وَذَلِكَ حِينَ لَا يَنْفَعُ نَفْسًا إِيْمَانُهَا

Artinya: "Tidaklah terjadi hari kiamat hingga matahari terbit dari arah barat. Apabila ia telah terbit (dari arah barat) dan manusia melihatnya, maka berimanlah mereka semua. Pada hari itu tidaklah bermanfaat keimanan seseorang yang tidak beriman sebelumnya."

7. Timbulnya Asap

Sejatinya, terdapat dua pendapat mengenai asap ini sebagai salah satu tanda kiamat. Pendapat pertama menyatakan bahwasanya asap ini telah menimpa kaum Quraisy dalam bentuk kesempitan dan kelaparan ketika Nabi SAW berdoa untuk kecelakaan mereka. Pendapat ini dipegang oleh Abdullah bin Mas'ud dan sekelompok ulama Salaf.

Pendapat kedua menyebut asap ini belum terjadi dan baru akan muncul menjelang kiamat. Di antara yang memilih pendapat ini adalah Ibnu Abbas, sebagian sahabat, dan sebagian tabi'in. Adapun dalil kemunculan asap difirmankan Allah SWT dalam surat Ad-Dukhaan ayat 10-11:

فَارْتَقِبْ يَوْمَ تَأْتِى السَّمَاۤءُ بِدُخَانٍ مُّبِيْنٍ. يَغْشَى النَّاسَۗ هٰذَا عَذَابٌ اَلِيْمٌ

Artinya: "Maka, nantikanlah hari (ketika) langit mendatangkan kabut asap yang tampak jelas (yang) meliputi manusia (durhaka). Ini adalah azab yang sangat pedih."

8. Menyalanya Api yang Menggiring Manusia

Dari Abdullah bin 'Amr RA, ia berkata,

قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سَتَخْرُجُ نَارٌ مِنْ حَضْرَمَوْتَ (أَوْ مِنْ نَحْوِ بَحْرِ حَضْرَمَوْتَ قَبْلَ يَوْمِ الْقِيَامَةِ تَحْشُرُ النَّاسَ قَالُوا يَا رَسُوْلُ اللَّهِ! فَمَا تَأْمُرُنَا ؟ قَالَ عَلَيْكُمْ بِالشَّامِ

Artinya: "Rasulullah SAW bersabda, 'Akan keluar api dari Hadramaut atau dari arah laut Hadramaut sebelum hari kiamat yang mengumpulkan manusia'. Mereka berkata, 'Wahai Rasulullah apa yang engkau perintahkan kepada kami?' Beliau bersabda, 'Hendaknya kalian ke Syam.'"

Dengan demikian, penting bagi kita untuk tidak terlalu terpengaruh oleh ramalan-ramalan kiamat yang sensasional dan tetap fokus pada hal-hal yang lebih mendasar dan nyata dalam kehidupan sehari-hari, seperti meningkatkan kualitas hidup, berbuat baik kepada sesama, dan mempersiapkan diri secara spiritual untuk menghadapi masa depan yang tidak pasti.

Demikianlah informasi mengenai kabar viral prediksi kiamat peramal India 29 Juni, gagal! profilnya serta tanda-tanda kiamat menurut Islam.

 

Sheila Silvina

Kategori :