Progres Tol Simpang Indralaya-Muara Enim Tahun 2024, Segini Tarif yang Diberlakukan

Sabtu 06-07-2024,10:57 WIB
Reporter : Sheila Silvina
Editor : Purnama Sakti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM –  Progres tol Simpang Indralaya-Muara Enim tahun 2024, segini tarif yang diberlakukan.

PT Hutama Karya (Persero) secara resmi mulai mengoperasikan jalan Tol Trans Sumatera, khususnya ruas Simpang Indralaya-Muara Enim, tepatnya pada Seksi Indralaya-Prabumulih di Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel). 

Pada Rabu, 30 Agustus 2023, pukul 08.00 WIB, jalan tol sepanjang 60,5 kilometer ini dibuka untuk umum tanpa tarif sebagai bagian dari masa sosialisasi awal.

Dalam acara pembukaan pertama, Gubernur Sumsel, Herman Deru, turut hadir dan menjajal jalan tol tersebut. 

BACA JUGA:Produk Diduga Pro atau Terafiliasi Israel Masih Konsisten Beredar, Cek Produk Lokal Aman Alternatif Pengganti

Ia melakukan tapping kartu di Gerbang Tol Prabumulih sebagai simbol peresmian. Herman Deru mengungkapkan bahwa pembangunan jalan tol ini oleh Hutama Karya akan sangat bermanfaat bagi masyarakat Sumsel. 

"Animo masyarakat terhadap tol ini sangat tinggi. Jalan tol ini mampu mengatasi kemacetan di wilayah sekitar dan memangkas waktu tempuh dari Indralaya ke Prabumulih dari dua hingga 2,5 jam menjadi hanya satu jam saja," ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta.

Masa Sosialisasi dan Penggunaan Kartu Elektronik

Direktur Operasi III Hutama Karya, Koentjoro, menambahkan bahwa selama masa sosialisasi, jalan tol ini belum dikenakan tarif. 

BACA JUGA:Tenaga Honorer yang Tidak Terdaftar di BKN Tetap Bisa Jadi PPPK, Pemerintah Siapkan Cara Ini

Namun, ia mengimbau agar pengguna jalan tetap menyiapkan kartu uang elektronik untuk melakukan tapping kartu di gerbang tol. 

"Pengguna jalan yang melintas dari arah Indralaya menuju Palembang atau sebaliknya melalui Tol Palembang-Indralaya tetap dikenakan tarif normal, karena tol tersebut sudah beroperasi dengan tarif," jelas Koentjoro. 

Dari sisi volume lalu lintas harian rata-rata, Koentjoro menargetkan lebih dari tiga ribu kendaraan dapat melintas di ruas tol tersebut setiap harinya. 

Salah satu pengguna jalan tol, Arina Novianti, menyatakan bahwa perjalanan dari Indralaya menuju Prabumulih berjalan lancar tanpa kendala. "Alhamdulillah kami senang sekali dengan adanya tol ini. Pembayarannya masih gratis sesuai informasi, dan kami berharap tol ini dapat memberikan manfaat dengan efisiensi waktu maupun biaya," ujar Arina.

BACA JUGA:Tol Betung-Tempino-Jambi Jadi Harapan Masyarakat Bisa Dipakai Mudik 2025 Nanti, Ini Progresnya!

Kategori :