Dianggap Sosok Berjasa, Nama Shin Tae-Yong Diabadikan Menjadi Nama Sebuah Lapangan di Korea

Selasa 09-07-2024,18:51 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Agus Faizar

Shin Tae-yong berhasil membuat Timnas Korea Selatan U-23 menjadi tim tangguh. Dalam 17 laga yang dimainkan, Timnas Korea Selatan U-23 hanya kalah sekali dengan persentase kemenangan mencapai 64,71 persen.

Pencapaian terbaik Timnas Korea Selatan U-23 bersama Shin Tae-yong adalah peringkat kedua Piala AFC U-23 2016 dan peringkat kelima di Olimpiade Rio 2016. Shin Tae-yong kemudian dipercaya menukangi Timnas Korea Selatan senior pada 4 Juli 2017.

BACA JUGA:Tambahan Amunisi Timnas, Ini Pemain Diaspora Indonesia Grade A untuk Ronde 3, Ada Siapa Saja?

Ketika itu, Timnas Korea Selatan tengah dalam persiapan untuk tampil di Piala Dunia 2018. Pada babak kualifikasi, Timnas Korea Selatan finis di peringkat kedua Grup A dan berhak lolos ke Piala Dunia yang digelar di Rusia itu.

Namun, laju Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 tak berlangsung panjang. Son Heung-min dkk. hanya mampu bermain sampai babak penyisihan grup meskipun sempat secara mengejutkan mengalahkan Jerman dengan skor 2-0.

BACA JUGA:Skuad Naturalisasi Timnas Indonesia, Ini Profil 11 Pemain Naturalisasi Terbaru Era Pelatih Shin Tae-Yong

Namun, kemenangan itu tak cukup sehingga Korea Selatan finis di peringkat ketiga dengan raihan tiga poin hasil sekali menang dan dua kali kalah.

Shin Tae-yong akhirnya diberhentikan sebagai pelatih Korea Selatan pada 31 Juli 2018. Statistik mencatat, Shin Tae-yong hanya mampu mempersembahkan tujuh kemenangan dari 23 laga bersama Timnas Korea Selatan.

BACA JUGA:Profil Ragnar Oratmangoen Naturalisasi untuk Memperkuat Timnas Indonesia, Prestasinya Bukan Main

3. Petualangan Baru

Setelah itu, Shin Tae-yong sempat menganggur selama lebih dari satu tahun. Pada 28 Desember 2019, PSSI kemudian menunjuk Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia.

Penunjukkan tersebut membuat Shin Tae-yong menjadi pelatih Asia kedua yang menukangi Timnas Indonesia. Sebelumnya, PSSI pernah memberikan kepercayaan pada pelatih Singapura, Choo Seng Quee, untuk menukangi Timnas Indonesia pada 1950-an.

BACA JUGA:Profil Thom Haye, Pencetak Gol yang Bawa Timnas Indonesia Menuju Piala Dunia 2026

Shin Tae-yong mendapatkan kontrak jangka panjang, yakni selama 4 tahun. PSSI ingin Shin Tae-yong membenahi Timnas Indonesia agar bisa meraih prestasi.

Pelatih 51 tahun tersebut diberi tugas untuk memberikan gelar Piala AFF 2020 dan prestasi bersama Timnas Indonesia U-20 yang akan berlaga di Piala Dunia U-20 2021. Shin Tae-yong juga bertanggung jawab secara penuh atas pelatih-pelatih Timnas Indonesia di segala level.

BACA JUGA:Daftar Pemain Termahal Timnas Indonesia 2024 Usai Melaju ke Putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026

Kategori :