Ucapannya sering Nyeleneh, Nasib Mama Ghufron di Ujung Tanduk, MUI Lakukan Hal Ini

Kamis 11-07-2024,09:34 WIB
Reporter : Sheila Silvina
Editor : Purnama Sakti

“Khawatir masyarakat terbawa oleh ucapan-ucapannya yang tak sesuai dengan ajaran Islam,” ucap Cholil Nafis. 

BACA JUGA:Siapkan Smartphone dan KTP, Begini Cara Mudah Cairkan Pinjaman Online Rp 50 Juta di BNI Fleksi

MUI Malang Bereaksi

Ketua MUI Malang KH Misno Fadhol Hija mengatakan pihaknya telah beberapa kali mengkaji ceramah Abuya Mama Ghufron. Salah satunya dengan mendatangi Ponpes UNIQ Nusantara yang diasuh Mama Ghufron.

"Yang dipermasalahkan MUI itu videonya, bukan status pondoknya. Karena informasi awal dari media sosial, yang di daerah itu tenang-tenang saja. Nggak ada apa-apa," kata Misno.

Dari hasil penelitian diketahui bahwa ada sejumlah video ceramah Abuya Mama Ghufron yang dianggap tidak sesuai syariat, salah satunya dalam video ceramah tentang bahasa semut dan percakapan dengan malaikat.

"Ya itu (ceramah yang menuai pro kontra), dan MUI Kabupaten sudah menginventarisir. Itu ada 10 poin, mulai poin satu sampai hasil investigasi MUI kecamatan di lokasi, sampai pertemuan dengan MUI Pusat di tanggal 6, sudah tersusun baik dan dilaporkan. Kalau dilihat kriteria MUI yang 10 item sudah banyak yang masuk (menyimpang), bukan hanya satu dua," tegasnya.

BACA JUGA:Cara Ajukan Pinjaman Online Bank Mandiri Hingga Rp 1 Miliar, Bisa Tanpa Jaminan Lho

Pihak Abuya Mama Ghufron sendiri selama ini juga dikatakan tidak pernah bertemu atau menemui langsung pihak MUI Kabupaten Malang yang berusaha melakukan klarifikasi untuk mencari kebenaran.

Tim MUI hanya ditemui 7 orang dari pengurus dan santri dari Abuya Ghufron saat bertandang ke Yayasan Ponpes UNIQ Nusantara.

Bahkan pihak Abuya Mama Ghufron disebut Misno sudah memberikan klarifikasi melalui media sosial YouTube, tapi bukan ke poin persoalan yang dipermasalahkan oleh MUI.

"Malamnya mengeluarkan video di YouTube itu, isinya tidak sampai substansi yang dipermasalahkan MUI. Jadi belum terjawab. Bahkan jawabannya lain hanya status pondoknya, aqidah ahlussunah waljamaah, maturidiyah," jelasnya.

BACA JUGA:Pinjaman Online Resmi Bank Mandiri, Bisa Cairkan Pinjaman Tunai Sampai Rp 100 Juta Tanpa Ribet

"Kami nggak bisa ketemu dengan kyainya (Abuya Mama Ghufron), yang menemui hanya 7 orang semuanya santrinya, atau juru bicaranya, masih perlu tindak lanjut untuk bertemu," pungkasnya.

Sebelumnya, ceramah Abuya Mama Ghufron viral di media sosial karena menyebut bisa berbahasa Suryani, berbahasa semut, hingga menjadi penjaga neraka.

Video itu disebut telah dipotong-potong orang tak bertanggung jawab di media sosial. Potongan video itu adalah ceramah dan kajian agama rutin di Ponpes UNIQ Nusantara, Desa Pamotan, Kecamatan Dampit, Malang.

Kategori :