4 Cara Ajukan Pinjaman untuk Usaha Mikro Kecil, Gapai Impian jadi Pebisnis Unggul

Kamis 11-07-2024,20:01 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Agus Faizar

Konsep ‘Capacity, Collateral, Character, Conditions, and Capital’ atau yang di dunia usaha lebih dikenal dengan 5C sangat penting untuk Anda pahami. 

Sebab, kelima hal itulah yang akan diperhitungkan pihak bank sebelum menentukan Anda layak atau tidak mendapat pinjaman usaha.

Capacity terkait dengan kemampuan Anda untuk mengembalikan dana pinjaman usaha, biasanya dilihat dari cara Anda mengelola keuangan. Collateral terkait aset yang Anda miliki yang bisa dijadikan jaminan pinjaman. 

BACA JUGA:Simulasi Kredit dan Cicilan Toyota Veloz 2024, Bebas Pilih DP dan Tenor

Lalu Character adalah penilaian berdasarkan kepribadian Anda, di antaranya berupa latar belakang dan kehidupan sehari-hari Anda. 

Sedangkan, Condition terkait situasi pasar yang memengaruhi usaha Anda. Terakhir, Capital menyangkut nilai bersih usaha dan hak Anda di dalamnya.

Untuk mendukung keperluan modal kerja dan mengembangkan bisnis, HSBC melalui segment Retail Business Banking memberikan kesempatan kepada para pebisnis untuk mendapatkan pembiayaan modal kerja melalui Fasilitas Modal Kerja. 

BACA JUGA:Langkah Mudah Cairkan Pinjaman Online Sampai Rp 100 Juta Melalui BCA Mobile, Siapkan Syarat-syaratnya

Dapatkan pinjaman usaha hingga Rp 10 miliar untuk bisnis yang sudah berjalan minimal selama 3 tahun atau untuk mengetahui berapa kebutuhan modal yang dibutuhkan untuk mengembangkan usaha Anda, Anda bisa mencoba Kalkulator Modal Kerja HSBC. 

BACA JUGA:Siapkan Smartphone dan KTP, Begini Cara Mudah Cairkan Pinjaman Online Rp 50 Juta di BNI Fleksi

Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil

Ada beberapa strategi yang dapat membantu untuk mengembangkan bisnis Usaha Mikro Kecil Anda:

1. Tentukan Harga yang Sesuai dengan Kualitas

Dalam situasi ekonomi sulit seperti sekarang, harga produk menjadi faktor penting dalam mempengaruhi keputusan konsumen. 

Meskipun kualitas produk sama, dengan selisih harga yang sedikit, konsumen akan lebih memilih yang lebih murah.

Namun, Anda tidak perlu menjual produk Anda dengan harga yang terlalu rendah. Tentukan kisaran harga yang masih kompetitif dibandingkan dengan produk sejenis dan pertimbangkan biaya operasional serta keuntungan yang diinginkan.

Kategori :