Biodata & Silsilah Keluarga Lamine Yamal, Pencetak Gol Termuda Piala Eropa 2024

Kamis 11-07-2024,22:07 WIB
Reporter : Novan Alqadri
Editor : ahmad afandi

Yamal termasuk pemain serba bisa dan dapat diturunkan sebagai penyerang, gelandang serang, maupun sayap kanan.

Sejak berumur 12 tahun, Lamine Yamal sudah dibanding-bandingkan dengan Lionel Messi. La Pulga, julukan Messi, memang termasuk produk La Masia, akademi milik Barcelona. Bahkan, Yamal pernah disebut-sebut sebagai "Leo Messi Mini" berkaca pada penampilan spektakuler di LaLiga Promises 2019. Demikian dikabarkan Marca.

Pemilik nama lengkap Lamine Yamal Nasraoui Ebana itu lahir di Esplugues de Llobregat. 

Kawasan ini terletak di Catalunya, Spanyol, dan berjarak cukup dekat dengan Stadion Camp Nou, kandang Barcelona. Esplugues juga menjadi lokasi tempat tinggal Gerard Piqué, Andrés Iniesta, dan Dani Alves.

BACA JUGA:Ternyata Segini Biaya Pengadaan dan Operasional VAR dalam Satu Pertandingan Sepak Bola, Mahal Juga

Yamal dilahirkan dari pasangan imigran asal Guinea Khatulistiwa dan Maroko. Ayah Yamal adalah Mounir Nasraoui. Ia berasal dari Maroko dan lahir di kota Larache. Profesinya sebagai pelukis bangunan. 

Nenek Yamal, Fatima, pindah ke Spanyol dari Maroko sekira tahun 1988.

Sedangkan ibu Yamal ialah Sheila Ebana, lahir di Bata, Guinea Khatulistiwa. 

Ebana dikabarkan pernah menjadi pelayan di sebuah restoran. Bendera negara Maroko dan Guinea Khatulistiwa turut disematkan di sepatu Lamine Yamal.

BACA JUGA:Kontroversi Wasit VAR Asal Thailand, Yuk Ketahui Lebih Jauh Mengenai VAR yang Digunakan dalam Sepak Bola

"Anak-anak yang bermain untuk Mataro (tim lokal) akan mengenakan pakaian olahraga klub mereka ke sekolah demi[membanggakan diri]. Tetapi dia tidak pernah menunjukkan bahwa dia adalah pemain Barcelona," ujar wanita yang cucunya sekolah di tempat sama dengan Yamal, seperti laporan ESPN.

"Dia tidak pernah mengenakan apa pun yang menunjukkan hal itu dan beberapa anak bahkan tidak mengetahuinya," lanjutnya.

Menurut The Sydney Morning Herald, Sheila Ebana dan Mounir Nasraoui berpisah ketika usia Lamine Yamal masih sangat kecil. Akibatnya, ia menghabiskan waktu untuk bolak balik Rocafonda dan Granollers yang menjadi tempat tinggal masing-masing orang tua.

Di Rocafonda, konon terdapat mural Yamal yang mengenakan kostum Barcelona dan dikelilingi bendera tiga negara: Maroko, Guinea Khatulistiwa, dan Spanyol. Lokasinya bisa ditemukan di pintu masuk toko roti yang dikelola pamannya, Abdul bersama sejumlah sepupu.

BACA JUGA:11 Atlet Sepak Bola Dunia yang Punya Ritual Aneh Sebelum Bertanding, Ada yang Selalu Cium Kepala Botak Teman

Seiring melejitnya nama Lamine Yamal, kemudian viral foto-foto Yamal (enam bulan) bersama Lionel Messi (20 tahun), serta ibu kandungnya, Sheila Ebana. 

Kategori :