Mengenal Sosok Lamine Yamal, Berhasil Pecahkan Rekor Milik Pele yang Bertahan Selama 66 Tahun

Jumat 12-07-2024,10:26 WIB
Reporter : Novan Alqadri
Editor : ahmad afandi

Yamal mendapatkan penghargaan “Man of the Match” setelah mencetak gol pada pertandingan Spanyol di semifinal melawan Prancis.

BACA JUGA:Foto Lamine Yamal Bersama Lionel Messi Saat Berusia 6 Bulan, Ini Faktanya

Prestasinya telah menarik perhatian dari berbagai pihak, termasuk Lionel Messi, yang mengakui bakatnya dan memprediksi masa depan yang cerah untuknya.

Yamal akan berusia 17 tahun pada 13 Juli 2024, sehari sebelum pertandingan final Euro 2024. Hal ini membuatnya menjadi pemain termuda yang pernah bermain di final Piala Eropa.

Lamine Yamal, pemain muda Barcelona, kembali menjadi sorotan karena foto viral yang menunjukkan dirinya sedang dimandikan oleh Lionel Messi. Foto tersebut diambil oleh fotografer lepas Joan Monfort untuk keperluan kalender amal yang dibuat klub Barcelona bekerja sama dengan Unicef.

Lamine Yamal telah menunjukkan bahwa usia tidaklah menjadi hambatan untuk mencapai kesuksesan. Prestasinya di Euro 2024 telah menunjukkan bahwa ia adalah salah satu bintang muda yang paling menjanjikan di dunia sepak bola saat ini.

BACA JUGA:Lamine Yamal Pembawa Tim Nasional Spanyol ke final Piala Eropa 2024, Ini Profil Lengkapnya

Pecahkan Rekor Milik Pele yang Bertahan Selama 66 Tahun

Masuknya Yamal dalam daftar 11 pemain pertama Spanyol berhasil memecahkan rekor yang telah berdiri selama 66 tahun. Menurut data Diario AS, bintang muda Barcelona itu menjadi pemain termuda (16 tahun) yang pernah tampil di semifinal turnamen internasional.

Yamal berhasil memecahkan rekor Pele, yang tampil di Piala Dunia 1958 pada usia 17 tahun 244 hari. Tak hanya catatan bersejarah saja yang diukir pemain sayap Spanyol tersebut.

Yamal juga sukses mencetak gol melengkung dari luar kotak penalti yang membuat skor menjadi imbang 1-1. Selang empat menit kemudian, Spanyol berbalik unggul menjadi 2-1 atas Prancis, setelah bola tendangan Olmo mengenai kaki Kounde.

BACA JUGA:Biodata & Silsilah Keluarga Lamine Yamal, Pencetak Gol Termuda Piala Eropa 2024

Untuk sementara Spanyol unggul 2-1 di babak pertama. Jika Tim Matador berhasil mencapai final, ini akan menjadi momen yang tak terlupakan bagi Yamal. Sebab, dia akan berulang tahun ke-17 pada 13 Juli mendatang.

Rekor yang Dipecahkan Lamine Yamal di Euro 2024

1. Pemain Termuda di Euro

Lamine Yamal memulai kiprahnya di Euro 2024 saat membela Spanyol melawan Kroasia di babak penyisihan Grup B. Dia dipercaya menjadi starter dalam laga tersebut.

Kategori :