Mau Investasi Dollar? Simak Dulu Keuntungan dan Kerugiannya Berikut

Jumat 12-07-2024,16:03 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

Lalu, untuk jangka pendek, lebih baik investasi dollar atau emas?

Dari penjelasan di atas tentang keuntungan dan kekurangan investasi dollar kamu tentu telah mendapatkan gambaran tentang karakteristik dari investasi dolar.

Berikut ini coba kamu pahami keuntungan dan kekurang investasi emas agar kamu bisa mendapatkan Gambaran serta bisa menimbang mana yang lebih baik investasi jangka pendek dollar atau emas.

BACA JUGA:Polisi Masih Cari Pelaku Tragedi Berdarah di Kepahiang, Ini 8 Fakta yang Baru Terungkap

Keuntungan dan Kekurangan Investasi Emas

Merupakan logam mulia yang bernilai tinggi, emas oleh banyak orang diandalkan sebagai aset berharga di kondisi ekonomi dunia yang sedang tidak kondusif.

Berbeda dengan dollar, emas merupakan aset dengan nilai yang memiliki tingkat perubahan lebih pasif dan stabil, hal ini karena pergerakan harga emas dunia dan nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika.

Sehingga untuk jangka panjang, nilai emas memiliki kecenderungan untuk terus meningkat setiap tahun dan membuatnya menjadi opsi menarik untuk investasi bagi investor pemula.

Terkait risikonya sendiri, investasi emas sering kali perlu disimpan dalam bentuk fisik, baik berupa emas batangan atau emas perhiasan.

BACA JUGA:Kasus Mahasiswa KKN Pergi dari Desa karena Merasa Tidak Nyaman, Kades Datangi Polres Seluma

Jika kamu memilih cara ini, pahami jika investasi emas pasti memiliki risiko kehilangan jika tidak disimpan dengan hati-hati. Untuk memastikan keamanannya, tidak sedikit orang menyiapkan brankas sendiri sebagai tempat penyimpanan emas fisiknya.

Untungnya, saat ini investasi emas bisa dilakukan dengan praktis dan simpel secara online di sejumlah platform terpercaya.

Jadi tidak perlu repot kemana-mana, kamu hanya perlu membeli emas pada platform investasi emas tersebut kapan pun dan memantau pergerakan nilainya seiring waktu tanpa perlu menyimpan emas sendiri dalam bentuk fisik. Jika ingin menjualnya, dapat langsung di platform yang sama.

Tapi, melihat pergerakan nilainya yang terbilang lambat dan adanya perbedaan antara harga beli serta jual membuat investasi emas kurang cocok untuk tujuan jangka pendek.

Kendati demikian, investasi emas bisa menjadi pilihan ideal dan aman untuk jangka panjang karena keuntungan atau kenaikan harganya jauh lebih tinggi (berdasarkan data historisnya beberapa tahun ke belakang).

BACA JUGA:Apa Itu Red Flag? jika Ada 10 Ciri-ciri Ini akan Sulit Jalani Hubungan yang Sehat

Kategori :