Cara Memperbaiki Rice Cooker yang Sebabkan Nasi Cepat Bau dan Kuning, Cukup Ikuti 8 Tipsnya di Sini

Sabtu 13-07-2024,11:45 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Fitriani

BACA JUGA:Tangan Gatal Pertanda Dapat Duit? Cek Dulu Sebelah Kiri atau Kanan, Ini Menurut Primbon Jawa

Lantas, bagaimana cara memperbaiki rice cooker nasi cepat bau dan kuning? 

1. Rutin Membersihkan Rice Cooker

Jika rice cooker baru saja dibersihkan, berarti ada penyebab lain dan harus dibawa ke tukang servis. Jika tidak, berarti harus mulai melakukan pembersihan rutin. Yang sering terlupakan adalah kotoran di bawah piringan pemanas di dalam rice cooker.

2. Buang Uap Air

Wadah kecil dan transparan di dekat tutup rice cooker merupakan tempat penampungan uap air. Sebaiknya air tersebut dibuang ketika rice cooker tidak digunakan agar bisa menampung uap air berikutnya. 

3. Menanak Nasi Secukupnya

Sebagian orang cenderung menanak nasi melebihi kebutuhan karena malas mencuci rice cooker. Nasi yang terlalu lama di dalam rice cooker akan berubah kuning.

4. Bersihkan Steam Outlet

Bersihkan steam outlet setiap selesai menggunakan rice cooker agar sirkulasi uap panas lancar. Steam outlet yang kotor juga dapat menjadi sarang bakteri pembusuk.

5. Gunakan Colokan Listrik Utama

Cable extension dapat menyebabkan arus listrik tidak stabil. Sebaiknya peralatan rumah tangga yang memerlukan arus listrik stabil mendapatkan arus listrik langsung dari colokan utama.

6. Mencuci Wadah Nasi dengan Benar

Mencuci wadah nasi dengan kasar akan membuat lapisan jar terkelupas. Jika ada nasi yang mengering dan susah dicuci, tambahkan air dalam rice cooker yang dinyalakan agar nasi terlepas dengan sendirinya.

BACA JUGA:Atasi Segala Gangguan Lambung, dengan Ramuan Zaidul Akbar, Intip Cara Penggunaan

7. Pilih Beras yang Bagus

Kategori :