Ikuti 9 Tips Ini Agar Nasi Tidak Cepat Basi, Dijamin Tahan Lama

Senin 15-07-2024,05:32 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Agus Faizar

6. Perhatikan air yang digunakan

Air yang digunakan dalam membuat nasi haruslah sesuai takarannya. Air tersebut tidak boleh terlalu berlebih ataupun kurang karena akan membuat nasi menjadi lembek atau terlalu kering yang membuat nasi menjadi lebih cepat basi. 

BACA JUGA:Syarat dan Cara Pengajuan KUR BRI 2024 via Online, Tabel Angsuran Pinjaman Rp 25 Juta-Rp 40 Juta

7. Diamkan rice cooker selama memasak nasi

Jangan membuka tutup rice cooker saat memasak nasi atau bahkan memasukkan tanganmu ke dalamnya meskipun sebentar. Proses memasak nasi tergantung pada uap yang terbentuk dalam rice cooker.

8. Jangan buat rice cooker dalam kondisi warm dalam waktu yang lama

Dinginkan nasi yang sudah matang dengan mencopot kabel listrik pada rice cooker dan membuka tutupnya. Hal ini dilakukan untuk menghindari nasi yang ada dalam panci menjadi hangus. Kamu bisa menghangatkannya kembali ketika ingin makan. 

BACA JUGA:Manfaat Masak Nasi Pakai Daun Pandan, Ternyata Bukan Sekedar Memberi Aroma Wangi

9. Perhatikan bagian pengeluaran uap

Perhatikan bagian pengeluaran uap, jangan sampai tersumbat sesuatu. Uap air yang melewati bagian ini rawan terkontaminasi bakteri dan membuat nasi menjadi lebih cepat basi. 

Itulah 9 cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah nasi basi. Kamu tidak perlu khawatir lagi  kalau nasimu banyak yang tersisa. 

BACA JUGA:Kerap Dilakukan, Ini 7 Penyebab Nasi Cepat Basi, Jangan Lupa Cek Rice Cooker Kamu!

Selain cara mengatasi, simak juga berikut ini sejumlah penyebab nasi cepat basi:

1. Rice Cooker Tidak Tertutup Rapat

Salah satu penyebab nasi cepat basi adalah karena rice cooker yang tidak tertutup rapat. Jika rice cooker tidak tertutup rapat dengan benar, udara dapat dengan mudah masuk ke dalamnya. Udara berpotensi merusak beras, menyebabkannya menjadi berair dan basi.

Rice cooker memasak dan mempertahankan suhu nasi dengan memanfaatkan uap yang terkumpul di dalamnya. Rice cooker perlu menjaga suhu uap untuk menjaga kualitas nasi.

Kategori :