Daftar 4 Penjara Paling Mengerikan di Indonesia, Nomor 1 Paling Ditakuti

Minggu 14-07-2024,12:22 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Septi Widiyarti

Hal yang membuat penjara ini menyeramkan tidak terletak di binatang buas yang hidup di sekitar lapas, melainkan bukit yang bernama Nirbaya.

Semua penghuni Lapas Nusakambangan pasti ngeri dan takut saat mendengar nama bukit ini. Sebab Bukit Nirbaya digunakan sebagai tempat eksekusi mati untuk para tahanan dengan vonis hukuman mati.

Selain Bukit Nirbaya, lapas ini juga memiliki lokasi eksekusi lain di Lapas Gliger yang terletak di jalan utama Nusakambangan yang berjarak 10 meter.

Salah satu napi yang dieksekusi di lapas ini adalah Rio Martil, pembunuh berdarah dingin yang menghabisi 4 nyawa dengan senjata martil.

BACA JUGA:1 Liter Bensin Tembus 57-62 Kilometer, Ini 5 Rekomendasi Motor Keluaran Honda Paling Irit Tahun 2024

2. Penjara Kalisosok

Penjara Kalisosok dibangun oleh Belanda pada 1 September 1808 dengan menghabiskan biaya pembangunan sebesar 800 gulden di masa kepemimpinan Herman Williem Daendels yang menjabat sebagai Gubernur Jenderal Hindia Belanda ke-36.

Pada masanya, lapas ini memiliki desain bangunan yang mewah dan gagah. Sampai sekarang kesan klasik dan mewahnya masih ada tapi dibaluti dengan kesan angker

Dilansir dari bombastis.co.id, hampir semua pejuang kemerdekaan Indonesia pernah merasakan kejamnya kehidupan di penjara tersebut, terutama di era tahun 1940 sampai 1943.

Penjara ini terkenal sebagai tempat yang paling menakutkan bagi narapidana karena bangunannya sempit, gelap, dan pengap.

BACA JUGA:Solusi Saat Harga BBM Naik, Ini 5 Rekomendasi Motor Bebek dan Matic Super Irit di Tahun 2024

Bahkan satu ruangan berkapasitas 20 orang saja bisa dipaksa untuk ditempati hingga 90 orang.

Penjagaan penjaranya juga sangat ketat. Bahkan dinding-dinding di setiap lapasnya sengaja dibuat sangat tebal sampai paku tidak bisa ditancapkan.

Diketahui di lapas ini terdapat penjara bawah tanah yang digunakan sebagai tempat penyiksaan. Konon, masyarakat di sekitar mengaku sering mendengar suara teriakan minta tolong dari penjara bawah tanah.

Salah satu tokoh yang pernah merasakan dingin dan kekejaman penjara ini adalah Soekarno dan Kiai Haji Mas Mansyur.

Rata-rata orang yang masuk ke penjara ini dianggap mengancam dan memprovokasi masyarakat untuk membenci para penjajah.

BACA JUGA:Motor Irit Untuk Harian atau Kerja, Ini 9 Rekomendasi Motor Matic Paling Irit dan Tangguh di Tahun 2024

3. Penjara Kerobokan

Kategori :