8 Cara Merawat Motor Matic Injeksi Honda yang Benar, Dijamin Lebih Awet!

Senin 15-07-2024,09:17 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Widiyarti

Cara merawat motor matic yang selanjutnya adalah dengan melakukan pemeriksaan pada bagian V- Belt dan Roller. Bagian ini fungsinya sama dengan rantai yang terdapat pada motor manual atau pada motor sport, yakni untuk pengantar daya yang berasal dari dalam mesin.

Bagian ini merupakan bagian yang rentan terkena kotoran, sehingga Anda harus melakukan pengecekan rutin. Jika terdapat bunyi dari bagian ini maka gantilah dengan van belt dan roller yang baru.

Penting diketahui jika Anda akan melakukan perjalanan jauh maka pastikanlah jika kedua bagian ini berfungsi dengan baik. Sebab bila kedua bagian ini tidak diperiksa, bisa saja motor Anda akan mengalami gangguan di tengah jalan. Ini akan lebih menyulitkan jika bengkel jauh dari lokasi Anda.

BACA JUGA:Puasa Asyura 10 Muharram, Berikut Keutamaan, Bacaan Niat dan Sejarahnya

6. Mengendarai Motor dengan Benar

Ketika Anda sedang mengendarai motor, lakukanlah dengan cara yang sewajarnya agar motor tetap awet dan berumur panjang. Alangkah baiknya jangan sering menggunakan motor dengan kecepatan di atas rata-rata.

Jangan pula sering melakukan pengereman mendadak. Hal itu bisa membuat motor Anda cepat rusak dan  tentu ini akan merugikan. Apalagi jika Anda sedang berada di masa yang sangat butuh dengan kendaraan itu. Maka, sebelum kerusakan terjadi, rawatlah motor Anda sebaik mungkin.

7. Periksalah Keadaan Aki dan Busi Motor

Salah satu penyebab motor Anda tiba-tiba mengalami mogok di tengah jalan adalah karena aki dan busi yang terdapat di dalamnya tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Hal itu tentu tidak akan terjadi apabila Anda sering melakukan pengecekan rutin terhadap dua komponen tersebut.

Aki dan busi merupakan komponen penting yang ada di dalam motor, sehingga jika mengalami kerusakan Anda harus segera membawanya ke bengkel untuk diganti dengan yang baru. Jangan abaikan aki dan busi Anda dengan tidak merawatnya, karena itu tentu akan merugikan Anda sendiri.

BACA JUGA:Puasa Asyura dan Tasua di Bulan Muharram, Ini Perbedaan dan Waktu Pelaksanaannya

8. Seringlah Pergi ke Bengkel Untuk Melakukan Servis Motor

Cara merawat motor selanjutnya adalah rutin membawa motor Anda ke tempat servis resmi. Misalnya dilakukan ketika hari libur atau akhir pekan, hari dimana Anda jarang menggunakannya. Hal ini untuk membantu mengecek ketika ada komponen di dalam motor yang mengalami kerusakan.

Petugas dari tiap bengkel resmi biasanya akan melakukan pemeriksaan seluruh bagian motor. Jika dilakukan secara rutin, maka motor matic pun akan lebih awet. Hal ini bahkan sangat dibutuhkan bagi motor matic yang memang lebih rentan dan membutuhkan perawatan ekstra dibandingkan motor manual.

Demikianlah ulasan mengenai cara merawat motor matic injeksi honda yang bisa kamu lakukan. Semoga bermanfaat.

Nutri Septiana

Kategori :