Mengejutkan, Ini Pengakuan Sopir Ambulans yang Turunkan Jenazah Bayi di SPBU

Jumat 19-07-2024,10:25 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Widiyarti

BACA JUGA:Ini Ketentuan Mendirikan BPR, Berapa Minimal Syarat Modal yang Diperlukan?

2. Tidak dianjurkan membawa jenazah dengan ambulans

Direktur RSUD Am Joen Sintang Ridwan Toni Hasiholan mengatakan ambulans berbahan bakar diesel tidak disarankan untuk mengangkut jenazah.

“Ada dua hal penting yang perlu kami tekankan. Pertama, sebenarnya tidak ada jadwal ambulans pada hari itu. Kedua, kami tidak menyarankan ambulans digunakan untuk mengangkut pasien atau jenazah karena menggunakan bahan bakar Dexlite,” ujarnya .

Jika digunakan, lanjut Ridvan, harus atas izin direktur dan pihak rumah sakit akan membayar selisihnya. Oleh karena itu, kami tidak mengizinkan sopir ambulans, tambah Ridvan.

BACA JUGA:Moncer! Ini 4 Bank Swasta dengan Aset Terbesar di Indonesia 2024, Nomor 1 Kantongi Rp 332,99 Triliun

3. Rumah sakit daerah menegaskan tidak ada biaya tambahan untuk ambulans

Direktur RSUD AM Djoen Sintang Ridwan Tony Hasiholan juga menegaskan agar keluarga almarhum atau pasien tidak perlu mengeluarkan biaya ekstra untuk ambulans.

Benar (keluarga pasien membayar di kasir) karena pasien kami tidak ada biaya tambahan lagi, mereka membayar di kasir sesuai peraturan daerah yang ada, jelas Ridwan. Dengan demikian, lanjut Ridwon, tidak ada biaya tambahan untuk layanan darurat.

4. Pengemudi ambulans dibebaskan dari tugas

Direktur RSUD AM Djoen Sintang pun akan mencontohkan masalah ini, bahkan armada ambulans yang menggunakan mesin diesel tidak disarankan untuk mengangkut pasien atau jenazah.

“Sopir ambulans akan diberikan instruksi tindak lanjut. Kami akan menariknya dari posisi pengemudi ambulans dan menyerahkan instruksi tersebut kepada Layanan Ketenagakerjaan Umum untuk ditindaklanjuti.” Kata Direktur RSUD AM Joen Sintang

BACA JUGA:Agar Tak Salah Pilih Layanan, Kenali Kelebihan dan Kekurangan Bank Digital

5. Kendaraan Toyota Hilux bermesin diesel digunakan pada armada ambulans

Ambulans yang digunakan untuk mengantarkan jenazah adalah mobil Toyota Hilux bermesin diesel Toyota dengan kode 2GD-FTV.

Berdasarkan buku manual, mesin diesel Toyota Hilux direkomendasikan berbahan bakar solar minimal Cetane 51 atau setara Dexlite.

Kategori :