Jangan Bandel! Ini Kriteria Kendaraan yang Tidak Boleh Isi Solar Subsidi

Jumat 19-07-2024,14:43 WIB
Reporter : Sheila Silvina
Editor : Septi Widiyarti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Jangan bandel! ini kriteria kendaraan yang tidak boleh isi solar subsidi.

Solar subsidi adalah bahan bakar minyak (BBM) yang disubsidi oleh pemerintah menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

BACA JUGA:Dibatasi 60 Liter Per Hari, Ini Kriteria Mobil Pribadi yang Boleh Isi Bio Solar

BBM subsidi memiliki kuota terbatas dan harganya ditetapkan oleh pemerintah. BBM ini hanya diperuntukkan bagi konsumen pengguna tertentu yang memang berhak, untuk memastikan subsidi tepat sasaran dan mengurangi beban biaya bagi masyarakat yang membutuhkannya.

Peluncuran BBM Diesel Baru

Pemerintah berencana meluncurkan BBM jenis diesel atau solar dengan sulfur rendah pada 1 September 2024. Langkah ini diambil untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan disertai dengan program subsidi tepat sasaran.

Meski masih belum jelas apakah BBM diesel baru ini akan disubsidi, saat ini pemerintah sudah memberikan subsidi pada BBM Biosolar, yang mengandung 30% fatty acid methyl esters (FAME) atau biodiesel 30% (B30).

Saat ini, harga BBM Solar subsidi atau Biosolar dibanderol sebesar Rp 6.800 per liter di SPBU Pertamina. Harga ini jauh di bawah harga keekonomiannya. Sebagai perbandingan, Solar non-subsidi seperti Dexlite dijual Pertamina seharga Rp 14.550 per liter, sementara Pertamina Dex mencapai Rp 15.100 per liter.

BACA JUGA:Terungkap! Ini Profil Bidan Tanpa Busana yang Digerebek Selingkuh dengan Sopir Ambulans

Pentingnya Subsidi Tepat Sasaran

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menyatakan bahwa harga asli BBM Solar subsidi sebenarnya sudah menembus Rp 12.000 per liter.

"Sampai dengan Mei 2024, dengan subsidi tetap minyak Solar sebesar Rp 1.000 per liter, besarnya kompensasi yang dialokasikan sampai dengan bulan Mei 2024 adalah Rp 4.496 per liter," ungkap Arifin dalam Rapat Kerja bersama Komisi VII DPR RI pada Juni 2024.

Dalam RAPBN T.A. 2025, diusulkan subsidi tetap untuk minyak Solar sebesar Rp 1.000 - Rp 3.000 per liter.
Harga asli BBM Solar tersebut juga bisa terlihat dari harga BBM Solar yang dijual oleh SPBU swasta lainnya di Indonesia.

Misalnya, SPBU Shell menjual produk Shell Diesel Extra seharga Rp 14.860 per liter dan Shell V-Power Nitro seharga Rp 14.930 per liter. SPBU BP-AKR juga menjual BP Diesel seharga Rp 14.860 per liter dan BP Ultimate Diesel dengan harga Rp 15.320 per liter.

BACA JUGA:Ini Jenis Motor yang Tidak Boleh Isi Pertalite Lagi! Apakah Termasuk Motor Kamu?

Kategori :