Berbahaya Jika Tidak Ditangani! Ini 10 Cara Menyembuhkan Fatty Liver, Mulai dari yang Sederhana

Minggu 21-07-2024,12:03 WIB
Reporter : Sheila Silvina
Editor : Septi Widiyarti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Berbahaya jika tidak ditangani! ini 10 cara menyembuhkan fatty liver, mulai dari yang sederhana.

Fatty liver atau perlemakan hati merupakan kondisi di mana terjadi penumpukan lemak di dalam hati.

Menurut Cleveland Clinic, hati yang sehat hanya mengandung sedikit lemak, namun jika kandungan lemaknya mencapai 5-10 persen dari berat hati, ini bisa menimbulkan masalah kesehatan yang serius.

BACA JUGA:Simulasi Kredit Toyota Agya DP Rp 10 Jutaan, Segini Cicilan Per Bulannya

Kondisi ini bisa berkembang tanpa gejala yang jelas, namun jika tidak diatasi, dapat menyebabkan kerusakan hati yang parah.

Cara Menyembuhkan Fatty Liver

Berikut ini adalah beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk mengobati dan mengelola fatty liver.

1. Menurunkan Berat Badan Secara Sehat

Menurunkan berat badan adalah langkah penting dalam mengelola fatty liver. American Association for the Study of Liver Diseases (AASLD) menyarankan bahwa orang yang memiliki obesitas dan fatty liver nonalkoholik perlu mengurangi 3-5 persen dari berat badan mereka untuk mengurangi penumpukan lemak di hati.

Penurunan berat badan antara 7-10 persen bahkan bisa memperbaiki gejala lainnya, seperti peradangan dan jaringan parut di hati.

Untuk menurunkan berat badan secara efektif dan aman, hindari diet ekstrem dan fokus pada perubahan kecil namun konsisten dalam pola makan dan aktivitas fisik.

BACA JUGA:Sering Diabaikan, Ini Penyebab dan Gejala Fatty Liver, Dampaknya Pada Kesehatan

2. Menerapkan Pola Makan Mediterania

Diet Mediterania telah terbukti bermanfaat bagi kesehatan hati. Pola makan ini menekankan konsumsi makanan nabati seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian, serta lemak sehat seperti minyak zaitun dan ikan.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Hepatology pada 2017 menemukan bahwa diet Mediterania bisa mengurangi lemak hati meskipun tanpa penurunan berat badan.

Kategori :