Berbahaya Jika Tidak Ditangani! Ini 10 Cara Menyembuhkan Fatty Liver, Mulai dari yang Sederhana

Minggu 21-07-2024,12:03 WIB
Reporter : Sheila Silvina
Editor : Septi Widiyarti

Selain itu, diet ini juga membantu mengelola kondisi terkait seperti kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, dan diabetes tipe 2.

3. Mengonsumsi Kopi

Penelitian menunjukkan bahwa kopi dapat memberikan manfaat perlindungan bagi hati. Menurut Journal of Clinical and Experimental Hepatology, konsumsi kopi secara teratur dapat merangsang produksi enzim hati yang membantu melawan peradangan.

Dua hingga tiga cangkir kopi per hari dapat mengurangi kerusakan hati secara keseluruhan. Namun, pastikan untuk mengonsumsi kopi hitam tanpa tambahan gula atau krim agar manfaatnya maksimal.

BACA JUGA:Jangan Dianggap Sepele! Ini Ciri Anak yang Mengidap Fatty Liver, Salah Satunya Anak Bertubuh Gemuk

4. Tetap Aktif Secara Fisik

Gaya hidup yang tidak aktif sering dikaitkan dengan fatty liver nonalkoholik. Oleh karena itu, penting untuk tetap aktif secara fisik.

Aktivitas fisik membantu mengelola berat badan, meningkatkan kesehatan jantung, dan mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Cobalah untuk berolahraga setidaknya 150 menit per minggu dengan intensitas sedang. Anda bisa memilih aktivitas yang Anda nikmati, seperti berjalan cepat, bersepeda, atau berenang.

5. Mengurangi Asupan Gula Tambahan

Gula tambahan dalam makanan dapat memperburuk fatty liver. Makanan olahan dan minuman manis sering mengandung fruktosa dan sukrosa yang dapat berkontribusi pada penumpukan lemak di hati.

Baca label makanan dengan cermat untuk menghindari produk dengan gula tambahan. Pilihlah makanan segar dan alami, serta hindari camilan manis, minuman ringan, dan produk olahan lainnya.

BACA JUGA:Jangan Dianggap Sepele! Ini Ciri Anak yang Mengidap Fatty Liver, Salah Satunya Anak Bertubuh Gemuk

6. Mengelola Kolesterol

Kolesterol tinggi bisa memperburuk kondisi fatty liver. Batasi asupan lemak jenuh dan lemak trans yang ditemukan dalam makanan olahan, daging merah, dan produk susu penuh lemak.

Sebaliknya, pilihlah lemak sehat seperti asam lemak omega-3 yang terdapat dalam ikan berminyak, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Kategori :