Cek, Ini Harga HP Xiaomi Terbaru Juli 2024, Ada yang Turun?

Senin 22-07-2024,12:02 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Septi Widiyarti

1. Sesuaikan Kebutuhan

Sebelum memutuskan beli smartphone baru coba, deh tanyakan lagi pada diri sendiri smartphone tersebut dipakai untuk kebutuhan apa? Apakah untuk kebutuhan dasar (telepon, chating, browser, main sosial media), kebutuhan profesional (presentasi, bikin jadwal), untuk main gim, mobilitas tinggi ata untuk fotografi dan vlog. Setiap kebutuhan tersebut butuh smartphone yang beda.

2. Sesuaikan dengan Bujet

Setelah tahu pasti smartphone tersebut kebutuhannya untuk apa, hal berikutnya adalah sesuaikan dengan bujet. Untuk diketahui, smartphone yang beredar di pasaran terbagi menjadi 4 golongan.

Ada kelas low end atau budget phone (sekitar 1-2 juta), kelas middle range (sekitar 2-5 juta), kelas middle-range to high (sekitar 5-8 juta) dan high end (sekitar 8 juta ke atas).
Setelah mengetahui kelas-kelasnya bisa membuatmu lebih mudah untuk menentukan pilihan yang sesuai kebutuhan dan dana yang disiapkan.

BACA JUGA:PPPK Mau Ambil Cuti? Simak, Ini Ketentuan Syarat Sesuai Jenis Cuti

3. Performa Smartphone

Spek seperti apa smartphone yang bagus? Pertanyaan seperti ini masih sering dipertanyakan dan memang urusan performa pada smartphone nggak boleh lepas dari perhatian terlebih buat kamu yang memilih smartphone berdasarkan spesifikasi yang ditawarkan.

Bisa memperhatikan sistem operasi yang dipakai entah itu OS Android dan iOS (iPhone).
Selain sistem operasi, perhatikan chipset yang digunakan. Pengguna iPhone hanya pakai chipset Apple A.

Sementara chipset Android bisa berbeda-beda (disesuaikan dengan tipe dan harganya).
Selain itu perhatikan kapasitas memori dan memori internal, tipe layar, kapasitas baterai, kamera, fitur tambahan (GPS, NFC) dan jaringan (4G, 5G).

4. Tipe Layar dan Kualitas Kamera

Tipe kamera juga nggak kalah penting untuk diperhatikan apalagi jika kebutuhan kamu membeli smartphone untuk kebutuhan fotografi, vlog, content creator dan main gim.

Umumnya smartphone Android sekarang ini sudah dibekali layar yang mengusung rasio 20:9 yang bisa menampilkan work area luas. Perhatikan juga resolusi layar HD, Full HD atau Quad HD (pada kelas atas).

BACA JUGA:Kemenkes RI Kirim 4 Unit Ambulans ke Seluma

5. Kelengkapan Fitur

Soal kelengkapan fitur pada handphone & tablet  sebetulnya subjektif karena beda harga maka fitur yang disematkan pun akan menyesuaikan. Jadi bisa dibilang kelengkapan fitur ini bisa dipilih untuk disesuaikan dengan kebutuhan dan setiap orang bisa berbeda kebutuhannya.

Kategori :