Heboh Video Jentik Hitam di Dalam Galon Tersegel, Ini Kata Produsen dan GAPMMI

Jumat 26-07-2024,12:57 WIB
Reporter : Sheila Silvina
Editor : Septi Wiidyarti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Heboh video jentik hitam di dalam galon tersegel, ini kata produsen dan GAPMMI.

Baru-baru ini, media sosial diramaikan dengan unggahan video yang memperlihatkan air galon yang terdapat sekumpulan jentik hitam di dalamnya.

BACA JUGA:Dukung Pertumbuhan Ekonomi Nasional, BRI Catat Penyaluran Kredit ke UMKM Rp 1.095,64 Triliun

Video tersebut diunggah oleh akun TikTok @mr..lucky.luck dan menunjukkan sekumpulan jentik hitam di dalam galon yang masih tersegel rapi. Dalam video tersebut, terlihat jelas bahwa segel galon tersebut masih utuh.

"Mohon Pihak Aqua bisa konfirmasi kenapa bisa begini? Netizen, tolong bantu share sampai dapat kejelasannya,” tulis sang pengunggah video.

Menanggapi video yang viral tersebut, pihak Aqua melalui Corporate Communications Director Danone Indonesia, Arif Mujahidin, memberikan penjelasan.

Arif menyatakan bahwa pihaknya sudah mengetahui mengenai video tersebut dan telah menghubungi pengunggah untuk menindaklanjutikeluhan sesuai dengan Undang-Undang (UU) Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konskumen.

"Tim Aqua sudah melakukan kontak dengan pengunggah dan menyampaikan bahwa tim kami tidak bisa memberi penjelasan atau menyimpulkan masalah dimaksud hanya dengan melihat visual," kata Arif dalam keterangannya.

BACA JUGA:Simak, Ini Contoh Barang Mewah yang Kena Pajak, Tarifnya Mulai 10 Persen

Namun, Arif juga mengungkapkan bahwa pengunggah video, @mr..lucky.luck, dinilai mempersulit kerja manajemen Aqua. Lucky tampaknya enggan untuk mengonfirmasi video tersebut secara langsung dengan pihak produsen.

Arif menambahkan, "Manajemen Aqua datang ingin memberikan solusi atas masalah yang dihadapi konsumen. Sayangnya, niat baik itu justru ditampik dengan sikap konsumen yang menerapkan ketentuan-ketentuan tidak lazim dalam proses mencari solusi.”

Sikap pengunggah yang dianggap janggal ini menuai kritik di kalangan netizen. Beberapa warganet berpendapat bahwa unggahan video tersebut bisa berujung fitnah jika tidak ingin dikonfirmasi secara langsung.

"Kalo kita beli barang trus ada yg gak sesuai standar ya ditukar sama barang baru. Ini kog malah dibuat ngonten? Motifnya mencurigakan," komentar salah satu netizen.

Warganet lain menambahkan, "Berarti ujungnya fitnah dong, karena tidak mau ketemu secara langsung.. kalau memang kesalahan murni Aqua biasanya dapat kompensasi yang cukup lumayan besar."

Danone Indonesia juga merespons video yang ramai diperbincangkan tersebut. Dalam video yang tersebar di Instagram, terlihat sekumpulan jentik hitam berada di dalam galon Aqua yang masih tersegel dengan nomor seri 250626CBIC11.

Kategori :