Jenis-jenis Barang yang Dilarang Ekspor, Cek Daftarnya di Sini

Jumat 26-07-2024,14:42 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Septi Widiyarti

3. Minyak Kelapa Sawit

Minyak kelapa sawit merupakan salah satu komoditas ekspor terbesar Indonesia. Produksi total minyak sawit pada 2021 mencapai 51,3 juta ton, dengan ekspor ke negara seperti Malaysia, China, India, dan beberapa negara lainnya.

BACA JUGA:Dana Desa di Kabupaten Lampung Selatan Tahun 2024, Jalan Desa Jadi Mulus

4. Kakao

Indonesia menempati peringkat ketiga sebagai produsen kakao terbesar di dunia pada tahun 2020. Dengan produksi sekitar 740 ribu ton, produk olahan kakao diekspor ke berbagai negara seperti Malaysia, Singapura, Jepang, dan beberapa negara lainnya.

5. Karet dan Produk Karet

Produk karet dari Indonesia diekspor ke lima benua berbeda. Ekspornya terutama menuju Malaysia, Jepang, Filipina, dan sejumlah negara lainnya, dimana karet menjadi bahan baku penting bagi industri manufaktur.

6. Industri Tekstil dan Produk Tekstil (TPT)

Industri tekstil menghasilkan berbagai produk, seperti baju, sprei, dan tas, yang diekspor ke berbagai negara seperti Singapura, Jepang, dan Ethiopia.

7. Alas Kaki

Indonesia juga memproduksi alas kaki, terutama sepatu olahraga yang diminati pasar internasional. Produk ini diekspor ke berbagai negara seperti Jepang, Malaysia, dan USA.

BACA JUGA:Gawat! Sejumlah Bocah SD Asyik Bermain Judi Online di Dalam Kelas, Penghancur Masa Depan

8. Elektronika Produk elektronik Indonesia, terutama kebutuhan rumah tangga, diekspor ke berbagai negara seperti Jepang, Taiwan, dan Korea Selatan.

9. Komponen Kendaraan Bermotor (Otomotif)
Suku cadang kendaraan bermotor diekspor ke berbagai negara seperti China, Malaysia, dan India

10. Furniture Industri furniture

Indonesia menghasilkan produk seperti meja, kursi, dan lemari yang diekspor ke berbagai negara termasuk Jepang, Australia, dan USA. Ekspor komoditas unggulan menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia.

Demikianlah informasi tentang Ini jenis-jenis barang yang dilarang ekspor! cek disini daftarnya. Semoga bermanfaat.

Tianzi Agustin

Kategori :