Jangan Panik, Ini 4 Pertolongan Pertama Angin Duduk yang Bisa Dilakukan

Jumat 26-07-2024,17:01 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Widiyarti

3. Konsumsi obat nyeri dada

Langkah ketiga sebagai pertolongan pertama angin duduk adalah konsumsi obat nyeri dada, seperti tablet nitrogliserin, bila tersedia. Obat ini biasanya diresepkan untuk penderita penyakit jantung dan bisa digunakan untuk penanganan awal angina.

Cara kerjanya adalah dengan melebarkan dinding pembuluh darah sehingga aliran darah ke jantung lebih lancar. Tablet nitrogliserin dikonsumsi dengan cara menempatkannya di bawah lidah.

4. Cari bantuan medis terdekat

Jika rasa nyeri dada tidak hilang dalam waktu 3 menit dengan istirahat atau konsumsi pil nitrogliserin, segeralah cari bantuan medis ke rumah sakit terdekat.

Jangan menunggu lebih lama dan hindari memasukkan sesuatu melalui mulut, kecuali obat jantung seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Angina yang parah dan muncul mendadak bisa menjadi tanda serangan jantung dan membutuhkan perawatan cepat agar tidak berakibat fatal.

Jika orang yang mengalaminya tidak sadarkan diri, bahkan denyut jantungnya tidak terdeteksi atau napasnya terhenti, segera hubungi nomor panggilan darurat 112 untuk mendapatkan bantuan.

Sambil menunggu bantuan medis datang, Anda bisa melakukan CPR atau resusitasi jantung paru pada orang yang mengalami henti napas atau henti jantung agar bisa bernapas kembali. Namun, CPR perlu dilakukan oleh orang yang memang sudah terlatih.

BACA JUGA:Penipuan Jual Beli Rumah, Uang Rp 100 Juta Melayang, Rumah Tidak Dapat

Itulah beberapa langkah pertolongan pertama angin duduk yang bisa dilakukan. Salah satu cara terpenting agar angina tidak sering kambuh atau terhindar dari angina adalah menjalani gaya hidup yang sehat, seperti:

- Jangan merokok dan hindari paparan asap rokok.

- Olahraga ringan secara rutin.

- Jaga berat badan ideal.

- Konsumsi makanan sehat yang rendah garam dan rendah lemak.

- Kelola stres dengan baik.

Kategori :