Profil dan Sejarah Perguruan Silat Persaudaraan Setia Hati Terate, Tersebar di 236 Kota, Hingga Luar Negeri

Jumat 26-07-2024,18:24 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Agus Faizar

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Ini profil dan sejarah perguruan silat Persaudaraan Setia Hati Terate, tersebar di 236 kota hingga luar negeri.

Perguruan pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate tengah menjadi sorotan. Banyak yang bilang, pencak silat adalah seni bela diri asli Indonesia.

BACA JUGA:Biaya Cuci Darah Bisa di Tanggung BPJS, Ternyata Segini Tarif Biaya Sekali Proses Cuci Darah di Rumah Sakit

Di setiap daerah di Indonesia biasanya memiliki aliran pencak silatnya masing-masing. Seperti di Jawa Barat misalnya, yang terkenal dengan aliran Cimande dan Cikalong.

Pada 13 Desember 2019, UNESCO sudah menetapkan pencak silat sebagai Warisan Budaya Tak Benda Dunia.

Jika dilihat dari sejarahnya. pencak silat telah ada dari zaman nenek moyang dan diturunkan dari generasi ke generasi.

BACA JUGA:Di Tiktok Lagi Ramai Trend

Dikutip dari laman resmi PSHT, berikut ini informasi mengenai profil PSHT:

Profil PSHT

Persaudaraan Setia Hati Terate yang biasa disingkat dengan PSHT atau dikenal juga dengan SH Terate merupakan sebuah perguruan silat yang berorientasi kepada pengajaran budi luhur dan menggunakan pencak silat sebagai pelajaran pada tingkat pertama.

PSHT sangat mengutamakan persaudaraan antara anggota atau warganya. Pencak silat dipilih sebagai pelajaran tingkat pertama karena di samping pencak silat merupakan warisan budaya bangsa Indonesia, di dalam ajaran pencak silat juga terkandung unsur-unsur persaudaraan, olahraga, bela diri, seni budaya, dan kerohanian atau ke-SH-an (ajaran budi luhur).

BACA JUGA:Bukan Orang Sembarangan, Ternyata Ini Sosok Ibu Nunuk Nuraini Pencipta Resep Mie Instan Indomie yang Melegenda

PSHT termasuk salah satu dari sepuluh perguruan silat yang turut mendirikan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) pada kongres pencak silat tanggal 28 Mei 1948 di Surakarta. Sejak berdirinya hingga sekarang, PSHT tidak pernah absen dalam setiap kegiatan IPSI.

PSHT sangat terbuka dalam menerima anggotanya untuk turut bergabung. Setiap warga negara dapat menjadi anggota tanpa melihat suku, ras, agama, warna kulit, gender, golongan, dan usia.

BACA JUGA:Bikin Merinding, Terdengar Suara Tangis Wanita di Sekitar Masjid Al-Akbar

Kategori :