Ada 6 Tanda dan Ciri-Ciri Ginjal Kotor, Salah Satunya Nafsu Makan yang Menurun

Jumat 26-07-2024,20:28 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Agus Faizar

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Ada 6 tanda dan ciri-ciri ginjal kotor, salah satunya nafsu makan yang menurun.

Saat ginjal sehat tidak lagi berfungsi dengan baik, hasilnya ginjal mengalami penurunan fungsinya. Salah satu penurunan fungsi ginjal berdampak pada penumpukan limbah dalam tubuh, kondisi ini seringkali digambarkan sebagai kondisi ginjal kotor.

BACA JUGA:Fenomena Kasus Cuci Darah Didominasi Usia Muda, Apakah Penyakit Ginjal Bisa Disembuhkan

Untuk diketahui, dalam medis tidak dikenali istilah ginjal kotor, yang ada adalah penyakit ginjal akibat penurunan fungsinya, hingga mencapai gagal ginjal. Jadi yang dimaksud oleh banyak orang mengenai ginjal kotor adalah penyakit ginjal.

BACA JUGA:Orang Tua Harus Tahu, Hindari Anak Konsumsi Makanan dan Minuman Ini, Penyebab Sakit Ginjal

Ciri-ciri Ginjal Kotor

Ciri-ciri ginjal yang dipenuhi dengan racun pada tahap awal seringkali tidak terdeteksi karena kondisinya sangat ringan dan tidak spesifik.

Meski begitu, tetap waspadai gejala berikut ini dikutip dari Times of India:

1. Kaki Bengkak

Penumpukan mineral dan natrium akibat kerusakan ginjal pada akhirnya menyebabkan pembengkakan di pergelangan kaki dan tulang kering. 

Dalam istilah medis, kondisi ini disebut sebagai edema. Pengidapnya mungkin juga melihat pembengkakan di bagian tubuh lain, seperti mata, wajah, dan tangan.

BACA JUGA:Terungkap! Ternyata Ini Penyebab dan Pemicu ‘Bocil Bocil’ Terkena Sakit Ginjal, Orang Tua Wajib Waspada

2. Mudah Lelah dan Lemas

Merasa lelah atau lemah sepanjang waktu tanpa adanya aktivitas fisik berat umumnya merupakan tanda awal dari masalah ginjal. 

Sebab, Saat gangguan ginjal menjadi parah, pengidapnya mulai merasa tidak bertenaga sampai-sampai mengganggu pekerjaan ringan dan sederhana sekalipun.

Kategori :