Waspada Benih Sawit Ilegal Bisa Menghambat Produksi Kelapa Sawit Unggul, Ini Ciri-ciri Benih Unggul

Sabtu 27-07-2024,20:54 WIB
Reporter : Novan Alqadri
Editor : ahmad afandi

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Benih sawit ilegal bisa menghambat produksi kelapa sawit unggul, ini Ciri-ciri Bibit Unggul

Kenaikan harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit imbas dari melonjaknya harga minyak sawit mentah atau Crude Palm Oil (CPO) di pasar dunia menjadi angin segar bagi para petani kelapa sawit di Indonesia. Membaiknya pendapatan petani kelapa sawit memicu peningkatan minat masyarakat/petani untuk mengembangkan kebun kelapa sawit. 

BACA JUGA:Mengetahui Kernel Sawit, Sumber Minyak Utama PKO Bahkan Bisa Dimakan

Namun, hal tersebut kurang didukung dengan kesadaran petani dalam penggunaan benih unggul karena masih ada saja masyarakat/petani yang belum benar-benar memahami cara memperoleh kecambah kelapa sawit unggul bersertifikat dari sumber benih resmi. 

Disaat tingginya kebutuhan benih kelapa sawit, masyarakat masih harus dihadapkan pada maraknya kasus penyebaran benih ilegal. 

Peredaran kecambah kelapa sawit ilegal saat ini semakin mengkhawatirkan sebab tidak hanya dijual door to door ke rumah-rumah petani, tetapi juga dijual secara online tanpa izin dari sumber benih resmi. Kemajuan era digital membuat masyarakat/petani dengan mudahnya mengakses toko online yang menjual kecambah kelapa sawit ilegal pada platform marketplace. 

BACA JUGA:Harga Sawit di Jambi Periode 26 Juli Hingga 1 Agustus 2024 Melonjak Naik, Segini Angka Kenaikannya

Faktanya, sumber benih resmi kelapa sawit di Indonesia tidak pernah menjual benih kelapa sawit unggul miliknya pada platform marketplace. 

Menghadapi hal tersebut, maka penting dilakukan edukasi di masyarakat/petani mengenai aturan dan proses dalam memperoleh benih kelapa sawit unggul bersertifikat sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Waspada Benih Sawit Ilegal Bisa Menghambat Produksi Kelapa Sawit Unggul, Ini Ciri-ciri Benih Unggul.

BACA JUGA:Tali Pengikat Terpal Putus, Sopir Truk Pengangkut Kernel Sawit Terjatuh dan Meninggal Dunia

Kualitas benih memengaruhi hasil panen dikemudian hari. Unggulnya minyak kelapa sawit asal Indonesia yang banyak digemari di berbagai penjuru dunia tidak lepas dari penggunaan benih unggul. Berikut ini akan dispill benih kelapa sawit unggul!

• Bentuk Tunas

Benih kelapa sawit yang unggul memiliki tunas yang mudah dikenali. Tunas kelapa sawit bermutu memiliki mata tunas normal dengan warna putih bersih. 

• Bentuk Daun

Kategori :