Ciri-ciri Orang Menggunakan Vape, Waspadai Dampak Negatifnya

Minggu 28-07-2024,13:51 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Septi Widiyarti

3. Jerawat

Vaping dapat memengaruhi kesehatan kulit. Jika anak remaja Anda mengalami masalah jerawat yang buruk dan tak terkontrol, bisa jadi vape biang keladinya. Nikotin dan bahan kimia dalam vape dapat mempengaruhi produksi minyak di kulit dan menyebabkan jerawat.

BACA JUGA:Operasi Patuh Nala 2024 Berakhir, 182 Unit Kendaraan Ditilang Sat Lantas Polres Seluma

4. Mengurangi kafein

Jika remaja Anda seorang pencinta kopi dan tiba-tiba mengurangi kafein, bisa jadi itu karena vape dan kafein sama-sama dapat menyebabkan kecemasan.

Sebagian besar pengguna akan membatasi asupan kafein mereka untuk menghindari efek samping ini. Ini adalah tanda lain yang bisa membantu mengidentifikasi penggunaan vape.

5. Pneumonia

Penelitian menunjukkan bahwa nanopartikel di dalam rokok elektrik dapat menyebabkan peradangan di paru-paru. Vape dapat menyebabkan masalah pernapasan yang serius, termasuk pneumonia, yang memerlukan perhatian medis segera.

6. Menemukan USB drive yang tak biasa

Vape memiliki beragam bentuk, ada yang seperti pulpen dan USB drive. Jadi perhatikan lebih jeli lagi barang-barang anak Anda. Ini adalah salah satu cara yang sering digunakan remaja untuk menyembunyikan vape dari orang tua dan guru.

7. Luka di mulut

Jika anak terlalu sering mengeluhkan sariawan, bisa jadi hal ini disebabkan oleh penggunaan nikotin yang berasal dari vape atau rokok elektrik. Vaping dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan tanda-tanda fisik yang terlihat dan iritasi dari uap yang dilepaskan dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh.
Hal ini juga dapat membuat anak batuk lebih sering dibandingkan sebelumnya.

Perlu diketahui vape mengandung zat kimia berbahaya yang hampir sama dengan dari rokok tembakau, seperti nikotin, asetaldehida, akrolein, propanal, formaldehida, logam berat, dan diasetil.

Dengan kandungan zat kimia berbahaya yang hampir sama, bahaya vaping sama dengan bahaya merokok dengan rokok tembakau. Zat-zat ini dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang serius, termasuk kerusakan paru-paru, jantung, dan sistem kekebalan tubuh.

BACA JUGA:Niat Ingin Cantik, Wanita Muda Tewas Diduga Usai Sedot Lemak di Klinik Kecantikan

Dampak Negatifnya

Nah, berikut ini adalah beragam bahaya vaping yang perlu Anda waspadai:

Kategori :