Kaum Adam Wajib Tahu, Ini 8 Cara Ampuh Berhenti Merokok, Pasti Berhasil

Minggu 28-07-2024,15:05 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Septi Widiyarti

4. Tahan Keinginan Anda dengan Menunda

Menahan diri adalah salah satu kunci untuk mengendalikan keinginan merokok. Caranya cukup mudah, setiap kali merasakan dorongan kuat untuk merokok, tunda hal tersebut selama lima menit sebelum Anda menyalakan rokok.

5. Lakukan Hal-Hal Positif Lainnya

Lakukanlah aktivitas positif lainnya seperti olahraga, membaca, atau kegiatan lain yang menyehatkan untuk mendapatkan mood yang lebih baik dan terhindar dari stres.

Aktivitas positif dapat membantu mengalihkan perhatian dari keinginan untuk merokok dan memberikan manfaat kesehatan secara keseluruhan.

6. Mengonsumsi Makanan Sehat

Sebagian perokok aktif sering merasa kurang berselera untuk makan karena nikotin dalam rokok dapat mengurangi sensitivitas indra perasa dan penciuman.

Penelitian menunjukkan bahwa makanan sehat, seperti sayur dan buah-buahan, dapat mengurangi hasrat untuk kembali merokok. Tak hanya itu, makanan sehat juga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh sekaligus mengembalikan selera makan yang berkurang akibat merokok.

BACA JUGA:Waduh! Bantal Canggih Kereta Whoosh Dicuri, PT KCIC Kantongi Profil Pelaku Lewat 44 CCTV

7. Minta Dukungan dari Keluarga dan Kerabat

Mintalah dukungan dari keluarga dan kerabat dengan cara meminta mereka untuk selalu mengingatkan Anda untuk tidak merokok.

Dukungan teman dan kerabat dekat sangat berpengaruh terhadap keberhasilan untuk berhenti merokok. Mereka bisa memberikan dorongan moral dan membantu Anda tetap berada di jalur yang benar.

8. Konsultasikan dengan Dokter

Sebaiknya, berkonsultasilah dengan dokter untuk membantu Anda menghadapi ketergantungan pada nikotin. Dokter dapat memberikan saran dan mungkin meresepkan obat-obatan yang dapat membantu mengurangi kecanduan nikotin, serta memberikan panduan tentang cara-cara efektif untuk berhenti merokok.

Berhenti merokok memang bukan hal yang mudah dilakukan. Tidak sedikit pula orang yang gagal melakukannya. Namun, komitmen Anda sebagai upaya untuk berhenti merokok akan sangat membantu dalam menyingkirkan kebiasaan tersebut.

BACA JUGA:Bawa Baterai Kendaraan Listrik Dalam Lift, Pria Ini Alami Luka Bakar hingga 90 Persen

Saat merasa kesulitan berhenti merokok, coba ingat kembali alasan mengapa Anda ingin berhenti merokok, misalnya agar tubuh terbebas dari berbagai macam penyakit atau keluarga Anda terhindar dari bahaya menjadi perokok pasif.

Kategori :