Desa Wisata Pulo Sibandang Masuk dalam 50 Besar ADWI 2024, Terbentuk dari Kolaborasi 3 Desa

Minggu 28-07-2024,15:58 WIB
Reporter : Sheila Silvina
Editor : Septi Widiyarti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Desa wisata Pulo Sibandang masuk dalam 50 besar ADWI 2024, terbentuk dari kolaborasi 3 desa.

Desa Wisata Pulo Sibandang, juga dikenal sebagai Desa Wisata Kawasan Pulau Sibandang, di Sumatera Utara, telah masuk dalam daftar 50 besar desa wisata terbaik se-Indonesia dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024.

BACA JUGA:Daftar 10 Orang Terkaya di Indonesia Versi Forbes Juli 2024, No 1 Bukan Bos BCA dan Djarum

Prestasi ini merupakan bukti nyata semangat gotong royong yang menjadi fondasi kuat desa ini, terbentuk dari kolaborasi tiga desa, yaitu Desa Sibandang, Desa Papande, dan Desa Sampuran.

Semangat Gotong Royong yang Menginspirasi

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, mengapresiasi kolaborasi unik ini.

"Ini adalah fenomena kebersamaan dan gotong royong yang menjadi suatu keunggulan bahwa masyarakat di sini bisa bersatu membangun daerahnya, dan ini menjadi inspirasi bagi seluruh wilayah nusantara, bahwa kita melakukan ini dalam rangka kolaborasi," kata Sandiaga Uno melalui keterangan resmi pada Jumat, 5 Juli 2024 lalu.

BACA JUGA:Duh! Oknum ASN Tertangkap Jual Miras, Ada Bunker di Bawah Dapur Rumahnya

Bagian dari Toba UNESCO Global Geopark

Desa Wisata Pulo Sibandang juga merupakan salah satu dari 16 geosite dari Toba UNESCO Global Caldera Geopark, dan menjadi satu-satunya desa wisata di Sumatera Utara yang berhasil lolos dari 321 desa wisata yang mendaftar.

Sandiaga Uno menegaskan potensi besar desa ini untuk menjadi destinasi wisata kelas dunia.

"Desa Wisata Sibandang ini bisa menjadi World Class Tourism Destination karena ini pabrik oksigennya pulau Sumatera Utara. Jadi bagi pecinta Danau Toba, harus datang ke Sibandang," ujarnya.

Akses Menuju Desa Wisata Pulo Sibandang

Menurut laman Jejaring Desa Wisata (Jadesta), Desa Wisata Pulo Sibandang dapat dicapai baik dari Medan maupun dari Samosir. Jika menggunakan kendaraan umum dari Medan, perjalanan akan memakan waktu sekitar tujuh jam.

Wisatawan dapat naik kendaraan travel Tiomaz Executive dengan tarif mulai dari Rp 120.000 per orang, namun hanya sampai Bandara Silangit. Dari Bandara Silangit, perjalanan dilanjutkan dengan menyewa mobil menuju Muara.

Kategori :