Pencinta Rawon Harus Tahu, Ini Tips Mengolah Kluwek agar tidak Beracun

Senin 29-07-2024,17:54 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Agus Faizar

Namun, tak hanya rawon. Kluwek juga bisa digunakan sebagai bumbu masukan lain yang juga tak kalah enaknya.

BACA JUGA:Viral Diduga Aksi Penembakan di Area Pasar Malam, Polisi Angkat Bicara

Penasaran? Berikut Beberapa masukan yang dari olahan kluwek.

1. Sup konro 

Hidangan berkuah yang bernama sup konro ini berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan. Sup konro menggunakan dasar tulang rusuk sapi yang dimasak dengan bumbu halus. 

Kluwek menjadi salah satu bumbu halus yang digunakan dalam pembuatan sup konro. Selain Kluwek, ada rempah lain seperti pala, merica, ketumbar, bawang, dan kacang merah dihaluskan menjadi satu. 

Bumbu halus tersebut akan dicampur dengan iga sapi hingga meresap dan menghasilkan cita rasa gurih dan sedikit pedas. Sup konro sangat cocok dihidangkan bersana nasi dan sambal. 

BACA JUGA:Syahjudin Burhan Dilantik Menjadi Kadis Dukcapil Provinsi Bengkulu, Reri Marfiana jadi Sekretaris Dikbud

2. Brongkos 

Brongkos adalah sajian berkuah yang menggunakan daging sapi atau tetelan sebagai bahan utama. Hidangan khas Jawa Tengah ini juga menggunakan Kluwek sebagai salah satu komposisinya. 

Sekilas, sajian ini mirip seperti rawon. Namun, brongkos menggunakan santan sehingga tekstur kuah brongkos lebih kental dibandingkan rawon. Selain itu, kuah brongkos juga tidak begitu pekat. 

BACA JUGA:Tokoh Agung dan Mulia, Siapa Wali Qutub di Indonesia?

3. Sambal picung 

Sama seperti sambal pada umumnya, sambal picung menggunakan bawang putih dan bawang merah.

Kluwek ditumis bersama bawang merah, bawang putih sampai matang. Kemudian ditambahkan dengan gula, garam, daun jeruk, dan perasan daun jeruk. 

Adapun, Executive Chef Hotel Santika Premiere Yogyakarta Totok Siswantoko menyarankan untuk menumis bahan sambal menggunakan minyak sayur dalam jumlah banyak, agar sambal kluwek picung bisa awet lebih lama. 

Kategori :