Resmi Naik Pangkat, Ini Profil Komjen Pol Ahmad Luthfi, Jenderal Bintang 3 Non Akpol

Senin 29-07-2024,21:33 WIB
Reporter : Sheila Silvina
Editor : Agus Faizar

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Resmi naik pangkat, Ini profil Komjen Pol Ahmad Luthfi, jenderal bintang 3 non Akpol.

Eks Kapolda Jawa Tengah (Jateng) Ahmad Luthfi telah resmi menyandang pangkat Komisaris Jenderal (Komjen) atau bintang tiga setelah ditugaskan di Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Awalnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi memutasikan Luthfi melalui Surat Telegram nomor ST/1554/II/KEP./2024 pada Jumat (26/7/2024). 

BACA JUGA:Di Balik Melonjaknya Harga Kopi Dunia, Seperti Ini Prediksi Panen Raya Kopi di Indonesia

Surat itu juga ditandatangani oleh Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia Irjen Dedi Prasetyo. Tiga hari berselang, Luthfi kemudian resmi menyandang pangkat Komjen untuk ditugaskan di luar jabatan struktural. 

Pelantikan Luthfi dilakukan di Gedung Rupatama Mabes Polri pada Senin (29/7/2024). "Ada dua acara serah terima jabatan pejabat utama Kapolda dan korps raport kenaikan pangkat Pati. 

Untuk yang korps raport kenaikan pangkat bintang tiga mantan Kapolda Jateng pak Luthfi dari Irjen menjadi Komjen," ujar Dedi usai acara pelantikan.

BACA JUGA:Simak, Ada 5 Cara untuk Mendapatkan Sertifikat Pendidik Tanpa PPG

Profil Ahmad Luthfi

Dilansir dari dataindonesia.id, Luthfi lahir pada 22 November 1966 di Surabaya. Dalam jenjang pendidikannya, Luthfi tidak terdaftar dalam siswa akademi kepolisian (Akpol). 

Dia merupakan lulusan Sekolah Perwira Militer Sukarela (Sepa Milsuk) pada 1989, Diktap Polri 1992, Daspa Serse 1994, Dikjur Pa Provos 1995, Selapa Polri 2000, dan Sespim Polri 2005.

Meskipun begitu, Luthfi menjadi salah satu anggota non-akpol yang dapat kenaikan pangkat hingga bintang tiga atau menyandang jabatan Komisaris Jenderal. 

BACA JUGA:Harga Kopi Robusta dan Arabika Melonjak, Sampai Kapan Harga Kopi Masih Mahal?

Luthfi memiliki sejumlah jabatan strategis di institusi kepolisian. Misalnya, menjadi Kapolres Batang pada 2008-2010 dan Wadir Intelkam Polda Jateng pada 2010-2011. 

Kemudian, semasa jabatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Wali Kota Surakarta, Luthfi menjadi Wakapolres dalam periode 2011-2015 mendampingi Listyo Sigit yang masih menjadi Kapolres di Surakarta. 

Kategori :