Top 10 Kota Terkaya di Jawa Barat, Mana Wilayah Paling Makmur?

Selasa 30-07-2024,21:12 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Widiyarti

8. Kota Bogor

Kota dengan julukan kota hujan ini terkenal dengan kebun raya Bogor dan Taman Safari Indahnya. Kota ini menempati posisi ke delapan dengan PDRB senilai Rp34.608.

9. Provinsi Jawa Barat

Menempati posisi ke sembilan dengan PDRB senilai Rp33.482, kota ini dikenal sebagai pusat kulinernya yang khas.

BACA JUGA:Info Resmi BMKG, Ini Lokasi Terdampak Bahaya Cuaca Besok 31 Juli 2024, Kategori Siaga dan Waspada

10. Bogor

Kota terkaya di urutan ke sepuluh adalah Bogor dengan PDRB senilai Rp31.399.

Itulah 10 daftar kota terkaya di Jawa Barat. Sebagai informasi tambahan, simak juga sumber kekayaan alam Jawa Barat dan keistimewaannya berikut ini.

Jawa Barat adalah sebuah provisi yang berada di bagian ujung barat Pulau Jawa. Provinsi yang beribukota di Bandung ini memiliki sejumlah potensi sumber daya alam yang mendukung pertumbuhan sektor ekonomi wilayah Jawa Barat. 

Jenis Sumber Daya Alam 

Berikut adalah beberapa jenis sumber daya alam yang terdapat di Jawa Barat:

1. Pertanian dan Perkebunan

Sektor pertanian dan perkebunan di Provinsi Jawa Barat merupakan penyumbang pertumbuhan ekonomi ke-3 di provinsi ini. Meski demikian sektor ini terus mengalami pertumbuhan yang positif.

Sentra pertanian di Jawa Barat berada di beberapa kawasan seperti di sepanjang Pantura, Priangan Timur, Indramayu, Kawarang, dan Subang.

Adapun komoditas pertanian dan perkebunan utama di Jawa Barat antara lain padi, bawang merah, bawang putih, cabai, tomat, kelapa sawit, teh, cengkeh, tembakau dan tebu.

2. Energi dan Pertambangan

Kategori :