Sejumlah Mitos Gempa Bumi di Indonesia Berdasarkan Kepercayaan dan Budaya

Kamis 01-08-2024,05:32 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Agus Faizar

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Sejumlah mitos gempa bumi di Indonesia berdasarkan kepercayaan dan budaya.

Indonesia sebuah negara kepulauan yang terletak di kawasan Asia Tenggara, merupakan salah satu wilayah yang dilalui oleh Cincin Api Pasifik. 

BACA JUGA:Ini Mitos Unik Tentang Gempa Bumi di Berbagai Negara, dari Pertanda Hewan

Cincin Api Pasifik atau yang lebih dikenal dengan sebutan Ring of Fire adalah sebuah kawasan yang mengelilingi cekungan Samudra Pasifik dan dikenal karena sering mengalami aktivitas seismik dan vulkanik. 

Kawasan ini mendapatkan namanya karena sering terjadi gempa bumi dan letusan gunung berapi yang berkeliling sepanjang cekungan Samudra Pasifik. 

BACA JUGA:Misteri dan Mitos Dibalik Keindahan Gunung Padang Menurut Al Quran, Ada Penyimpanan Harta Karun

Daerah yang dilewati oleh Cincin Api Pasifik ini berbentuk seperti tapal kuda dan mencakup wilayah sepanjang 40.000 km.

Sebab itulah Indonesia sering mengalami guncangan karena gempa bumi ataupun gunung berapi yang mengalami erupsi.

Letak geografis Indonesia di sepanjang Cincin Api Pasifik membuat negara ini sering kali merasakan guncangan akibat gempa bumi dan aktivitas vulkanik.

BACA JUGA:4 Arti Mitos Perempuan Leher Bergaris, Ternyata Bukan Wanita Biasa

Keberadaan Cincin Api Pasifik telah ada sejak ribuan bahkan mungkin jutaan tahun yang lalu, seiring dengan terbentuknya benua-benua di bumi. 

Aktivitas seismik dan vulkanik di kawasan ini telah berlangsung sejak zaman dahulu kala, dan tentu saja, nenek moyang atau penduduk awal yang menghuni wilayah Indonesia pada masa lalu juga mengalami dan merasakan dampaknya. 

BACA JUGA:Sering Dikaitkan Pertanda Ada Orang Meninggal, Cek Mitos Hujan Panas

Pada zaman dahulu, sebelum adanya ilmu pengetahuan modern seperti geologi, masyarakat di Indonesia sering kali mengaitkan fenomena alam seperti gempa bumi dan letusan gunung berapi dengan berbagai mitos, kisah, atau legenda. 

Karena belum adanya pemahaman ilmiah tentang penyebab dari fenomena-fenomena tersebut, masyarakat cenderung menjelaskan kejadian alam tersebut melalui cerita-cerita yang diturunkan dari generasi ke generasi.

Kategori :