Cuaca La Nina Diprediksi Terjadi 3 Bulan, BMKG Sebut Ada Potensi Kemarau Basah

Jumat 02-08-2024,21:58 WIB
Reporter : Novan Alqadri
Editor : ahmad afandi

BACA JUGA:Ini Dampak La Nina Pada Tanaman Kopi, Diprediksi Terjadi Mulai Agustus 2024

Iklim di Samudra Pasifik terbagi menjadi 3 fase yaitu El Nino, La Nina, dan Netral.

Saat fase La Nina, embusan angin pasat dari Pasifik timur ke arah barat sepanjang ekuator jadi lebih kuat dari biasanya. Dikutip dari CNBC Indonesia, menguatnya angin pasat yang mendorong massa air laut ke arah barat, maka di Pasifik timur suhu muka laut jadi lebih dingin.

Berdasarkan National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) Amerika Serikat, mayoritas model dinamis menunjukkan transisi ke La Nina terjadi sekitar Agustus-Oktober 2024.

NOAA menyimpulkan saat ini hadir kondisi ENSO-netral. Suhu permukaan laut ekuator berada di atas rata-rata di Pasifik barat dan barat-tengah, mendekati rata-rata di Pasifik timur-tengah, dan di bawah rata-rata di Samudra Pasifik timur.

BACA JUGA:Dampak Cuaca La Nina Terhadap Kesehatan, BMKG Prediksi Sampai ke Indonesia Awal Agustus

ENSO-netral diperkirakan akan berlanjut selama beberapa bulan ke depan. Sementara, La Nina diprediksi berkembang selama Agustus-Oktober dengan peluang 70% dan berlanjut hingga musim dingin di belahan bumi utara 2024-25 dengan peluang 79% selama November-Januari.

Potensi Kemarau Basah

Dikutip dari CNN Indonesia , Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengungkap potensi kemarau basah terjadi tahun ini. Potensi kemarau basah adalah imbas kemungkinan kemunculan La Nina di Indonesia.

"Kita belum menyimpulkan seperti itu [LaNina]. Ada kecenderungan La Nina, meskipun lemah akan terjadi. Tapi itu bisa meleset karena datanya masih kurang, tapi ada tren ke sana," jelas Dwikorita beberapa waktu lalu.

BACA JUGA:Petaka Cuaca La Nina Tiba di Indonesia Awal Agustus, Bagaimana Antisipasinya?

"Jadi kalau seandainya iya, berarti menjadi basah," imbuhnya.

Demikianlah ulasan informasi, cuaca La Nina diprediksi terjadi 3 bulan, BMKG sebut ada potensi kemarau basah.

 

(Novan)

Kategori :