Tertinggi di Asia Tenggara, Brand Value BRI Meroket Jadi USD11,25 Miliar

Sabtu 03-08-2024,15:32 WIB
Reporter : Septi Widiyarti
Editor : Purnama Sakti

JAKARTA, RBTVCAMKOHA.COM – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk alias BRI tercatat memiliki brand value senilai USD11,25 miliar atau tumbuh 30% secara year on year.

Bahkan, hasil tersebut tercatat dalam riset firma terkemuka di dunia Kantar dengan judul "Kantar BrandZ Top 30 Most Valuable Southeast Asian Brands 2024" pada Jumat (26/7).

BACA JUGA:Gerbong Kosong Kereta Barang Dijadikan Warga TPA, KAI Akan Berikan Sanksi Tegas

Pertumbuhan brand value BRI ini tercatat paling tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan brand value perusahaan lain yang ada dalam daftar tersebut.


Brand Value BRI Meroket Jadi USD11,25 Miliar--

Jadi, secara total ada 30 perusahaan yang masuk dalam daftar tersebut berasal dari Indonesia, Vietnam, Thailand, Malaysia, Filipina dan Singapura dengan total brand value mencapai USD131,1 miliar.

Dalam risetnya, Kantar menggaris bawahi peran BRI dalam mendorong inklusi keuangan di Indonesia.

“Selama ini, BRI telah menunjukkan komitmennya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat Indonesia dengan menyediakan akses keuangan yang luas dan mudah, terutama di daerah terpencil. Aplikasi perbankan seluler BRImo yang merupakan mobile banking apps yang paling banyak diunduh di Indonesia terbukti mendorong inklusi keuangan, literasi digital, dan pengalaman nasabah yang luar biasa di seluruh pelosok negeri,” tulis Kantar.

BACA JUGA:Katalog Promo JSM Alfamart Spesial Gajian Periode 2-4 Agustus 2024

Metode yang digunakan oleh Kantar dalam menghitung brand value sebuah perusahaan yakni dengan mengalikan antara finansial value dengan brand contribution.


Brand Value BRI Meroket Jadi USD11,25 Miliar--

“Kantar BrandZ secara unik menemukan brand value dengan menggabungkan persepsi mereka yang memengaruhi pasar saham dengan persepsi konsumen. Untuk memahami seberapa besar kontribusi merek terhadap nilai bisnis secara keseluruhan, kami memeriksa data keuangan perusahaan yang relevan dan menyingkirkan semua hal yang tidak berkaitan dengan bisnis. Kami juga melakukan penelitian kuantitatif yang berkelanjutan dan mendalam dengan lebih dari 170.000 konsumen dan pengambil keputusan bisnis setiap tahun secara global untuk menilai sikap mereka terhadap hubungan dengan ribuan merek,” tulis Kantar.

BACA JUGA:Pengajar di Pesantren Dilaporkan Kasus Begituan, Pelapornya 3 Santriwati

Corporate Secretary BRI Agustya Hendy Bernadi mengungkapkan bahwa BRI mengapresiasi hasil riset dari Kantar

Hal ini membuktikan strategi komunikasi yang dijalankan telah selaras dengan capaian kinerja positif yang ditorehkan selama ini.

Kategori :