Ini Legenda dan Asal Usul Pulau Samosir yang Penuh dengan Misteri

Sabtu 03-08-2024,17:45 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Agus Faizar

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Ini legenda dan asal usul pulau samosir yang penuh dengan misteri.

Pulau Samosir yang terapung di tengah Danau Toba sebenarnya pada awalnya tidak ada secara geografis. Pulau ini awalnya merupakan bagian integral dari Pulau Sumatra yang utuh. 

Namun, Pemerintah Kolonial Belanda memutuskan untuk membuat Samosir terpisah dari daratan Sumatra melalui pengerukan kanal yang mengelilingi pulau tersebut. 

BACA JUGA:7 Kota Terkaya di Pulau Sumatera, Nomor 7 Kota Hasil Pemekaran

Dengan demikian, Pulau Samosir menjadi sebuah pulau yang benar-benar dikelilingi oleh air dan menjadi daya tarik tersendiri di tengah Danau Toba.

Menurut laman indonesia.go.id, Pulau Samosir memiliki luas hampir setara dengan Singapura, yakni sekitar 63.000 hektare atau sekitar 640 kilometer persegi. Awalnya, Pulau Samosir termasuk dalam wilayah administratif Kabupaten Toba-Samosir. 

BACA JUGA:10 Kabupaten Terkaya di Indonesia 2024, Apakah Ada Kabupaten di Pulau Sumatera dan Kalimantan Masuk?

Namun, seiring berjalannya waktu dan kebutuhan administrasi yang semakin kompleks, Pulau Samosir kemudian dijadikan wilayah otonom tersendiri dan dikenal sebagai Kabupaten Samosir.

Kabupaten Samosir terdiri dari sembilan kecamatan, dengan enam kecamatan yang terletak di Pulau Samosir sendiri. 

BACA JUGA:Mengejutkan, Ini Isi Ramalan Jayabaya tentang Masa Depan Pulau Jawa

Dengan luas yang mencapai 640 kilometer persegi, Pulau Samosir menempati peringkat kelima sebagai pulau terbesar di dunia yang terletak di tengah-tengah danau. 

Keunikan geografis ini menjadikan Pulau Samosir sebagai destinasi wisata yang menarik bagi para wisatawan domestik maupun mancanegara.

BACA JUGA:Inilah 5 Jalan Tol Terkenal Angker di Pulau Jawa, Sering Menelan Korban Jiwa

Asal Usul Pulau Samosir

Melansir dari YouTube Parboaboa, ada mitos yang menyebutkan asal-usul Pulau Samosir. Menurut cerita rakyat, pulau ini terbentuk dari kisah seorang pria bernama Toba yang melanggar sumpahnya. 

Kategori :