Viral, Oknum Guru SMK Diduga Lakukan Aksi Kekerasan Terhadap Siswa, Begini Kronologinya

Minggu 04-08-2024,10:45 WIB
Reporter : Sheila Silvina
Editor : Septi Widiyarti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Viral, oknum guru SMK diduga lakukan aksi kekerasan terhadap siswa, begini kronologinya.

Di media sosial, beredar video yang memperlihatkan seorang oknum guru SMK di Malang melakukan aksi kekerasan terhadap seorang siswa.

BACA JUGA:Sah! BI Luncurkan QRIS Tap Berbasis NFC, Begini Cara Penggunaannya

Dalam video tersebut, guru tersebut terlihat mencekik dan memiting leher siswa yang terlambat masuk kelas. Video yang berdurasi 30 detik ini diambil oleh salah satu siswa lain yang berada di dalam kelas saat kejadian.

Guru tersebut tampak mengenakan kemeja putih dan kopiah hitam. Dalam rekaman itu, terlihat jelas guru tersebut sedang memiting dan mencekik leher siswa laki-laki yang tampak tak berdaya. Postingan video ini diunggah oleh akun X @Heraloebss yang memberikan keterangan mengenai tindakan kekerasan tersebut.

Akun @Heraloebss mengungkapkan bahwa tindakan kekerasan yang dilakukan oleh oknum guru tersebut sudah melebihi batas kewajaran.

Dalam keterangannya, ia menulis, "Pak se Voc nya jaman kami dl generasi milenial dan Z ga piting gini juga kali pak."

Akun tersebut juga menyatakan bahwa hukuman fisik yang diterima generasi sebelumnya seperti dilempar penghapus, ditampar buku, digunduli, atau diketok penggaris kayu masih dalam batas kewajaran, namun tindakan mencekik dan memiting leher seperti ini sangat tidak bisa diterima.

Menurut informasi yang disampaikan oleh akun tersebut, guru yang melakukan aksi kekerasan tersebut mengajar di SMK Negeri 12 Malang. "Telah terjadi kekerasan guru terhadap siswa di SMKN 12 Malang," tulisnya di kolom komentar unggahannya.

BACA JUGA:Sah! BI Luncurkan QRIS Tap Berbasis NFC, Begini Cara Penggunaannya

Kronologi Kejadian

Peristiwa tersebut terjadi karena siswa tersebut terlambat memasuki kelas saat jam pelajaran dimulai. Dalam video, tampak guru itu sedang duduk di bangku guru di depan kelas.

Guru tersebut terlihat mencekik sambil memiting leher siswa laki-laki dengan menggunakan lengannya. Ia juga terlihat sesekali menampar wajah siswa tersebut yang tampak tidak berdaya.

Sambil memiting leher siswa tersebut, guru itu berkata bahwa siswa itu telah berbohong.

"Kok masih bisa bohong? Didikan orang tuamu bagaimana?" teriak guru tersebut kepada siswanya.
Aksi kekerasan ini disaksikan oleh sejumlah siswa yang berada di dalam kelas. Siswa yang merekam video tersebut bahkan mengucapkan istigfar melihat perbuatan gurunya, "Astagfirullah," ucapnya.

Kategori :