Jangan Sampai Tertipu, Ini 4 Cara Mendeteksi QRIS Palsu, Pahami

Minggu 04-08-2024,12:22 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Septi Widiyarti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Jangan sampai tertipu, ini 4 cara mendeteksi QRIS palsu, pahami.

Tentu saja, mendengar tentang kasus penipuan menggunakan QRIS palsu adalah sesuatu yang sangat meresahkan.

Bayangkan, kode QRIS yang seharusnya mempermudah transaksi ternyata mengarahkan uang ke rekening milik orang lain yang bukan pemilik sah.

BACA JUGA:Miris! Marbot Ini Jadikan Masjid Tempat Transaksi Narkoba, Begini Modusnya

Ini tentu sangat merugikan tidak hanya bagi pemilik bisnis yang memasang QRIS, tetapi juga bagi konsumen yang melakukan pembayaran. Jadi, bagaimana cara mendeteksi QRIS palsu? Simak ulasan lengkapnya dalam artikel ini.

Perlu diketahui bahwa Quick Response Indonesia Standard (QRIS) adalah integrasi dari berbagai macam QR Code yang diciptakan oleh Bank Indonesia untuk mempermudah transaksi. Sesuai harapan, kehadiran QRIS telah membuat proses transaksi menjadi lebih cepat dan efisien. Terlebih lagi, QRIS bisa digunakan oleh berbagai jenis penjual, mulai dari UKM hingga perusahaan besar.

Namun, di balik semua kemudahannya, QRIS kini dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan.

Oleh karena itu, konsumen sekarang harus lebih teliti ketika melakukan pembayaran digital, terutama melalui QRIS. Jangan sampai uang yang dikirimkan justru masuk ke rekening pihak yang tidak bertanggung jawab, seperti kasus yang sedang marak terjadi saat ini.

BACA JUGA:Cara Membuat QRIS All Payment untuk Usaha, Transaksi Jadi Lebih Mudah dan Cepat

Lalu, bagaimana cara mendeteksi QRIS palsu?

Cara Mendeteksi QRIS Palsu

Berikut adalah beberapa cara yang dirangkum dari laman https://sindikasi.republika.co.id/ untuk mendeteksi QRIS palsu:

1. Cek Tampilan QRIS

QRIS palsu mungkin memiliki kualitas cetakan yang buruk, ukuran yang tidak sesuai, atau tampak mencurigakan secara visual. Sebagai contoh, mungkin akan ada tumpukan stiker di papan QRIS merchant tersebut.

Jika Anda meragukan keaslian kode QR, sebaiknya hindari untuk memindainya dan bertanya langsung kepada merchant.

Kategori :