Sejarah dan Makna Hari Kucing Sedunia 8 Agustus, Hewan Peliharaan Populer

Rabu 07-08-2024,11:21 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Widiyarti

Kemudian, kucing-kucing tersebut mulai pergi ke darat dan berkembang. Hingga kini, kucing menjadi hewan peliharaan yang ada di hampir setiap rumah. Sejak tahun 2002, Hari Kuncing Sedunia mulai rutin dirayakan.

BACA JUGA:Tolong Jangan Bikin Kecewa, Kata Menteri PUPR Ini Target Selesai Proyek Jalan Tol Palembang-Betung

2. Makna perayaan Hari Kucing Sedunia

Perayaan Hari  Kucing Sedunia pertama kali dirayakan pada 2002 oleh International Fund for Animal Welfare (IFAW). Momen ini dideklarasikan sebagai hari untuk menghormati salah satu kucing sebagai hewan peliharaan paling populer di bumi ini.

Pada 2020, tanggung jawab pemeliharaan kucing diserahkan kepada sebuah organisasi asal Inggris yang sudah aktif merawat kucing sejak 1958, International Cat Care. Hingga kini, perayaan Hari Kucing Sedunia diperingati setiap tahun pada 8 Agustus.

Tampaknya, hampir semua orang pernah berinteraksi dengan anabul dan kerap merasa terhibur dengannya. Namun, sayangnya masih banyak persoalan yang harus dibenahi soal kesejahteraan  kucing, seperti  kucing liar tanpa pemilik. 

Kucing-kucing tersebut berkeliaran bebas tanpa memiliki tempat berlindung yang layak dan kurang mendapat kasih sayang.

Karena itu, perayaan Hari  Kucing Sedunia memiliki arti penting bagi para pecinta kucing. Momen ini bisa digunakan untuk memberi perhatian lebih dan kenyamanan khusus bagi kucing liar. Sementara itu, untuk kucing yang sudah ada di rumahmu, kamu bisa memanjakan kucing kesayanganmu.

BACA JUGA:Profil Tifauzia Tyassuma, Dokter yang Kutuk Presiden Terkait Rumah Menteri di IKN

3. Cara merayakan Hari Kucing Sedunia

Pada tahun 2023, perayaan Hari Kucing Sedunia mengambil tema Purrfect Play Every Day. Melalui tema ini, International Cat Care (iCatCare) mengajak kamu sebagai pecinta kucing untuk meluangkan waktu selama 5 menit pada hari ini untuk bermain dengan  kucing kesayangmu.

Tentunya hal ini mampu meningkatkan kesehatan fisik sekaligus kesejahteraan mental kucing.

Kamu bisa melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan bersama kucing kesayangan. Berikut beberapa ide untuk membuat Hari Kucing Sedunia menjadi lebih berkesan:

- Ajak bermain

Hal pertama dan paling utama yang gak boleh ketinggalan adalah mengajak kucing bermain. Misalnya, dengan menggunakan stik bulu, bola, dan mainan yang berbunyi. Yang lebih sederhana lagi, kamu bisa mengajaknya jalan-jalan di halaman rumah atau lingkungan sekitar rumah.

- Dandani kucing kamu dengan kostum lucu

Kategori :