Waspada Wabah Cacar Monyet Mpox, Kenali Gejala Awal dan Risiko Penularannya

Rabu 07-08-2024,13:22 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Septi Widiyarti

Kemudian, terdapat sembilan kasus suspek yang sudah melakukan pengambilan uji sampel, dan saat ini tinggal menunggu hasil pemeriksaan.

BACA JUGA:Waspada! Ini 4 Efek Anak Kecanduan Gadget, Nomor 4 Sangat Bahaya

Statistik Global Cacar Monyet

Secara global, mulai dari 21 Januari 2022 hingga 30 September 2023, cacar monyet terkonfirmasi sebanyak 91.123 kasus. Total kematian secara global mencapai 157, dengan total negara yang terpapar sebanyak 115 negara.

Negara yang melaporkan kasus cacar monyet terbanyak adalah Amerika Serikat. Namun, terjadi peningkatan kasus cacar monyet pada Regional South East Asia Region (SEARO) sejak April 2023 dengan negara pelaporan tertinggi, yaitu Thailand.

Ini menunjukkan bahwa meskipun penyakit ini awalnya lebih banyak ditemukan di Afrika, sekarang penyebarannya telah mencapai berbagai benua dan negara, memperlihatkan pola penularan yang semakin meluas.

BACA JUGA:7 Pengaruh Gadget Terhadap Psikologi Anak, Nomor 4 Dampaknya Tak Main-main

Penanganan cacar monyet biasanya bersifat suportif, yaitu dengan meredakan gejala yang ada. Meskipun tidak ada pengobatan khusus untuk cacar monyet, pencegahan dapat dilakukan dengan menghindari kontak langsung dengan hewan yang berpotensi terinfeksi, menjaga kebersihan pribadi, dan menggunakan barang-barang pribadi secara terpisah dari orang yang terinfeksi.

Dalam situasi pandemi seperti sekarang, penting untuk selalu waspada dan mengikuti anjuran kesehatan yang diberikan oleh otoritas kesehatan setempat.

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang penyebaran dan gejala cacar monyet, diharapkan kita dapat mencegah penyebaran lebih lanjut dan melindungi kesehatan masyarakat.

Demikianlah informasi tentang Waspada wabah cacar monyet Mpox! ini gejala awal yang harus  diwaspadai. Semoga bermanfaat.

Tianzi Agustin

Kategori :