Bahaya! 8 Makanan Ini Dapat Menjadi Pemicu Kanker Otak, Nomor 7 Paling Sering Dikonsumsi

Jumat 09-08-2024,10:53 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Fitriani

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Bahaya! 8 makanan ini dapat menjadi pemicu kanker otak, nomor 7 paling sering dikonsumsi.

Kanker otak merupakan salah satu jenis kanker yang jarang ditemui bila dibandingkan dengan kanker jenis lainnya. Sama seperti kanker pada umumnya, penyebab kanker otak masih belum diketahui dengan pasti hingga saat ini.

BACA JUGA:Kabar Terupdate, Ini Jadwal Terbaru Pemutihan Pajak Kendaraan di Jawa Barat, Catat Syaratnya Berikut

Namun, diduga terdapat beberapa faktor yang dapar membuat seseorang lebih rentan mengalami kanker otak, di antaranya adanya mutasi genetik, riwayat kanker otak dalam keluarga, usia tua, dan paparan radiasi.

Namun siapa sangka, makanan ternyata juga dapat menjadi faktor risiko kanker otak? Karena itu, kamu patut waspada ketika akan mengonsumsi makanan tertentu.

Nah, berikut ini beberapa jenis makanan penyebab kanker otak yang perlu kamu ketahui seperti dilansir dari Halodoc, yaitu:

1. Makanan Berjamur

Makanan penyebab kanker otak yang pertama adalah makanan berjamur. Tepatnya yang mengandung aflatoksin, yaitu sejenis metabolit dari beberapa jenis jamur (salah satunya adalah Aspergillus flavus). 

Jamur jenis ini umumnya menjadi parasit pada kacang, pohon kacang, dan biji-bijian. 

Aflatoksin kerap dikonsumsi oleh manusia secara tidak sadar, lewat hewan-hewan yang memakan biji-bijian yang mengandung jamur tersebut. 

Pun ketika seorang ibu menyusui yang mengonsumsi kacang yang mengandung aflatoksin, ASI yang dikeluarkannya bisa masuk ke tubuh bayi yang disusuinya. 

BACA JUGA:Anggota TNI Pingsan Terkena Lemparan Batu saat Pertandingan Sepak Bola antar Kampung

2. Daging dan Telur yang Terkontaminasi Limbah

Mengonsumsi daging dan telur yang terkontaminasi senyawa dioksin dapat meningkatkan risiko terkena kanker otak

Senyawa tersebut bisa didapat dari makanan yang terkontaminasi oleh berbagai jenis limbah, seperti limbah medis, limbah kota, peleburan logam, dan manufaktur kimia. 

Kategori :