Duplikat Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi Tiba di Kalimantan Timur, BPIP: Simbol Perjuangan Bangsa

Sabtu 10-08-2024,19:23 WIB
Reporter : Septi Widiyarti
Editor : Purnama Sakti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) sambut kedatangan Duplikat Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi ketikan Sayuti Melik di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu (10/8).

Kepala BPIP Yudian Wahyudi mengatakan kirab duplikat bendera merah putih dan teks proklamasi dari Monas Jakarta ke Ibu Kota Nusantara (IKN) menjadi simbol penghormatan terhadap sejarah dan perjuangan bangsa.

BACA JUGA:Tukang Cukur Bacok Pelanggan, Polisi Cari Keberadaan AW yang Kabur Pasca Lukai Korban

Duplikat Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi tersebut dibawa dari Cawan Monas untuk dikibarkan dan dibacakan pada Upacara Detik-Detik Proklamasi HUT Kemerdekaan Ke-79 RI, 17 Agustus mendatang di Ibu Kota Nusantara (IKN).


Duplikat Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi Tiba di Kalimantan Timur--

Duplikat Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi dibawa oleh empat Purnapaskibraka Duta Pancasila binaan BPIP.

BACA JUGA:Tukang Cukur Bacok Pelanggan, Polisi Cari Keberadaan AW yang Kabur Pasca Lukai Korban

Yudian Wahyudi menuturkan, kirab Duplikat Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi dari Jakarta ke IKN ini menjadi simbol penghormatan terhadap sejarah dan perjuangan bangsa. 

“Ini simbol bahwa Bendera Merah Putih harus terus berkibar di seluruh penjuru Nusantara. Jika tidak ada Bendera Merah Putih, tidak akan ada pula Negara Kesatuan Republik Indonesia”, tutur Yudian.

BACA JUGA:Heboh, Begini Nasib Seorang Pelajar yang Terjatuh dari Lantai 3 Mall

Lebih lanjut, Yudian juga mengatakan bahwa kirab ini juga menjadi momentum untuk memperkuat jiwa nasionalisme Bangsa Indonesia.

“Kirab Duplikat Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi menggambarkan tekad untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa”, ungkapnya. 


Duplikat Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi Tiba di Kalimantan Timur--

BACA JUGA:Detik-detik Kecelakaan Pesawat, Sempat Berputar-putar di Udara Sebelum Akhirnya Jatuh

Sementara itu, Plt. Deputi Bidang Pendidikan dan Pelatihan BPIP yang membawahi Program Paskibraka, Ir. Prakoso menuturkan, pihaknya telah menyiapkan putera-puteri bangsa terpilih ini sehingga siap tampil pada tanggal 17 Agustus mendatang, termasuk empat puteri Paskibraka pembawa baki tahun 2023 untuk melaksanakan tugas mengantarkan Duplikat Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi ke Istana di IKN.

Kategori :