Viral Puluhan Pelajar SMP Belum Bisa Baca Tulis, Simak Faktanya di Sini

Minggu 11-08-2024,11:33 WIB
Reporter : Novan Alqadri
Editor : ahmad afandi

BACA JUGA:Waspada, Viral Modus Penipuan dan Pemerasan Pura-pura Tertabrak Mobil, Untung Ada CCTV

Pentingnya Mengajak Anak Membaca Sejak Dini

Tahukah ibu, meskipun masih berusia bayi dan anak-anak, nyatanya mereka mampu menyerap yang dipelajari dari lingkungan di sekitarnya. 

Bahkan, sewaktu ibu membacakan cerita atau memperlihatkan sebuah gambar yang menarik, anak dapat menyerap kata-kata maupun gambar yang dilihat.

Banyak manfaat yang bisa ibu rasakan ketika mengajak anak membaca sejak dini. Tidak ada salahnya cari tahu manfaat membaca sejak dini, di sini!

BACA JUGA:Waspada, Viral Modus Penipuan dan Pemerasan Pura-pura Tertabrak Mobil, Untung Ada CCTV

1.Menambah Kualitas Hubungan Orangtua dan Anak

Melansir sebuah jurnal Reading Aloud to Children: The Evidence, mengajak anak membaca sejak dini dapat meningkatkan bonding atau kualitas hubungan orangtua dan anak. Kegiatan ini akan membuat ibu dan anak terus terkoneksi dengan baik dalam menghabiskan waktu di rumah. Tidak hanya ibu, ayah juga bisa bergantian membacakan buku untuk anak.

BACA JUGA:Viral! Siswa Nekat Loncat dari Lantai 3 Mall Solo Paragon, Ini Penyebabnya

2.Meningkatkan Kemampuan Anak untuk Mendengarkan

Saat membacakan buku, sebaiknya lakukan secara tegas dengan artikulasi yang baik. Saat anak mengerti jalan cerita yang ibu baca, artinya anak mampu mendengarkan cerita dengan baik. Jangan dianggap sepele, hal ini menunjukkan keterampilan mendengarkan anak berjalan optimal.

Keterampilan mendengarkan adalah salah satu keterampilan yang perlu dimiliki oleh anak sebelum ia mampu membaca. Untuk meningkatkan keterampilan ini, ibu bisa membeli buku bacaan anak yang memiliki fitur suara atau musik.

3.Meningkatkan Kreativitas Anak

Buku bacaan bergambar akan menjadi suatu hal yang baru bagi anak-anak. Hal ini akan membuat kreativitas anak semakin meningkat saat membaca buku. Saat membaca, tentunya anak akan membayangkan tokoh yang ia lihat dalam buku. Untuk itu, pilihlah jenis buku bacaan yang sesuai dengan usia anak. Semakin tepat buku yang dibaca anak, maka anak akan semakin menyukai kegiatan membaca buku.

BACA JUGA:Video Sopir Truk Melaju Zig-Zag dan Ugal-ugalan Viral, Begini Reaksi dan Pengakuannya Ketika Ditangkap Polisi

4.Menambah Kosakata pada Anak

Kategori :