Prakiraan Cuaca BMKG 12-13 Agustus 2024, Ini Daftar Wilayah Berpotensi Hujan Lebat, Waspada!

Senin 12-08-2024,09:46 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

BACA JUGA:Bikin Fans Bahagia, Jackie Chan Hadir di Indonesia dengan Jet Pribadi!

Peringatan Dini

Sementara itu, kondisi cuaca yang ekstrem tersebut menuntut kita untuk waspada dan menyiapkan diri sehingga tidak menyebabkan kerugian dan korban jiwa.

Tips Cuaca Ekstrem

Berikut ini tips menghadapi cuaca ekstrem yang dikeluarkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Tengah:

1. Periksa ramalan cuaca harian

Dengan memeriksa ramalan cuaca harian kita bisa mengantisipasi kondisi yang akan terjadi khususnya hujan sehingga kita bisa menyiapkan perlengkapan untuk menghadapinya. Ramalan cuaca bisa dicek di laman BMKG baik web, aplikasi maupun media sosialnya.

2. Hindari mobilitas di tengah hujan lebat

Hujan yang lebat mengakibatkan pandang yang terbatas sehingga bisa memicu kecelakaan, maka sebaiknya hindari berkendara saat hujan lebat, belum lagi resiko pohon tumbang, baliho ambruk dan semacamnya.

BACA JUGA:Dibuka Sebentar Lagi, Ini 5 Jurusan yang Paling Banyak Dicari dalam Seleksi CPNS 2024

3. Konsumsi makanan sehat bervitamin

Dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bervitamin, khusunya vitamin C akan meningkatkan daya tahan tubuh saat musim hujan sehingga kita akan terhindar dari sakit yang dapat menghentikan aktifitas kita.

4. Tidur cukup dan hindari bergadang

Dengan tidur yang cukup kita akan mendapatkan daya tahan tubuh yang baik, semangat kerja yang optimal karena tidak tubuh fit, sehingga produktivitas kerja tetap baik.

5. Laporkan banjir dan genangan

Dengan melaporkan banjir dan genangan, kita bisa membantu orang lain sekaligus bisa meminimalisir korban akibat banjir dan genangan. laporkan kepada pihak terkait sehingga bisa dilakukan penanganan yang tepat.

Kategori :