Sejarah dan Waktu Pertama kali Lagu Indonesia Raya Diperdengarkan, Ternyata Ini Maknanya!

Senin 12-08-2024,10:20 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Purnama Sakti

Hiduplah Indonesia raya

BACA JUGA:Niat Ganti Hp Baru? Ini 8 Rekomendasi Hp POCO dengan Harga Rp 1-3 Juta

Makna Lagu Indonesia Raya 3 Stanza

Lagu Kebangsaan Indonesia Raya adalah lagu yang memiliki 3 stanza atau 3 baris lirik yang berbeda-beda. Mengutip laman Kemdikbud, makna Lagu Indonesia Raya ini dapat ditemukan di dalam ketiga stanzanya.

Stanza pertama, menggarisbawahi kata "Marilah Kita Berseru Indonesia Bersatu". Kalimat ini bermakna penyemangat dan seruan bagi rakyat Indonesia yang kala itu masih belum merdeka.

Selain itu, di dalam stanza pertama juga terdapat lirik "Bangunlah Jiwanya, Bangunlah Badanya". Lirik ini awalnya berbunyi "Bangunlah Badannya, Bangunlah Jiwanya", namun kemudian diubah posisinya atas perintah Presiden Soekarno. 

Ia berpendapat bahwa tidak akan bangun raga seseorang jika jiwanya tidak bangun terlebih dahulu. Hanya seorang budak yang badannya bangun tapi jiwanya tidak bangun.

Di stanza kedua, terdapat frasa yang ditekankan yakni "Marilah Kita Mendoa, Indonesia Bahagia". Lirik ini bermakna sebagai landasan spiritual dengan selalu mendoakan Indonesia yang bahagia.

BACA JUGA:Terbongkar, Modus Mengemis Buat Beli Obat, Ternyata Nenek Ini Punya Rumah Mewah

Maka lanjutan lirik selanjutnya adalah "Sadarlah Budinya, Sadarlah Hatinya" yang bermakna masyarakat Indonesia senantiasa memiliki budi dan hati yang baik.

Terakhir, stanza ketiga, menekankan pada kalimat "Marilah Kita Berjanji, Indonesia Abadi." Kemudian dilanjutkan dengan lirik "Slamatlah Rakyatnya, Slamatlah Putranya, Pulaunya, Lautnya, Semuanya."

Kedua kalimat ini bermakna sebagai sumpah setia dan amanat Agraria, yakni tidak terbatas pada tanahnya saja, melainkah seluruh yang terkandung dalam Indonesia, meliputi tanah, laut, hingga luar angkasanya.

Demikian ulasan mengenai sejarah dan waktu pertama kali lagu Indonesia Raya diperdengarkan, ternyata ini maknanya!

 

Putri Nurhidayati

Kategori :