11 Ide Bisnis Untuk Kalangan Mahasiswa, Bahkan ada yang Tanpa Modal Bisa Cuan

Rabu 14-08-2024,11:59 WIB
Reporter : novan alqadri
Editor : ahmad afandi

6. Bisnis Jasa Penerjemah

Menjadi penerjemah adalah usaha yang cocok untuk mahasiswa, terutama jika teman-teman kuliah jurusan bahasa asing ataupun memiliki kemampuan bahasa asing tertentu.

Menawarkan ide usaha jasa penerjemahan dokumen, artikel, atau konten website kepada individu atau perusahaan yang membutuhkan dapat menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan.

Modal: Rp0, serta koneksi internet dan perangkat untuk menerjemahkan seperti laptop dan printer.

BACA JUGA:Manfaatkan 5 Game Penghasil Saldo DANA Ini untuk Hasilkan Cuan, Nomor 5 Cocok Buat Kamu

7. Usaha Jasa Desain Grafis

Teman-teman punya keahlian dalam desain grafis? Kalau iya, mengembangkan ide bisnis jasa desain grafis dapat menjadi peluang yang menarik.

Guna memulai bisnis untuk mahasiswa ini, teman-teman bisa menawarkan jasa desain logo, brosur, poster, atau konten visual lainnya kepada klien potensial.

Mulailah dari aplikasi yang mudah diakses dan menyediakan banyak tutorial. Contohnya, kami punya tutorial cara menggunakan Canva kalau teman-teman tertarik untuk bisnis jasa desain grafis untuk mahasiswa.

Modal: sekitar Rp500.000 hingga Rp1 juta untuk membeli software desain.

BACA JUGA:Hobi Ambil Foto Aesthetic? Yuk Hasilkan Cuan! Begini Cara Jual Foto di Internet Untung Besar

8. Mengikuti Program Referral

Program referral adalah salah satu cara mendapatkan passive income dengan merekomendasikan produk atau layanan kepada orang lain.

Metode ini cocok sekali apabila teman-teman ingin memulai bisnis untuk mahasiswa, apalagi kalau sudah punya basis followers banyak di media sosial. Tak tanggung-tanggung, komisinya juga cukup besar loh!

Untuk mengikuti program referral, teman-teman dapat bergabung dengan berbagai platform online dan mempromosikan produk atau layanan sesuai minat.

Modal: minim, bahkan bisa gratis.

Kategori :